3 Kesalahan Pakai Masker Ini Bikin Perlindungan Enggak Efektif
Solopos.com|lifestyle

3 Kesalahan Pakai Masker Ini Bikin Perlindungan Enggak Efektif

Ketahui sejumlah kesalahan pemakaian masker agar kita benar-benar terlindungi.

Solopos.com, JAKARTA--Kesalahan pemakaian masker jarang disadari orang. Alhasil hal ini justru menjadikan perlindungan tidak efektif dalam mencegah persebaran Covid-19.

Lalu kesalahan masker apa sajakah yang tanpa sadar sering kita lakukan? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Saat ini meski program vaksinasi Corona tengah gencar dilakukan, namun masyarakat tetap dianjurkan untuk mengenakan masker, terlebih ketika beraktivitas di luar rumah dan melakukan interaksi tatap muka.

Sayangnya nih cara penggunaan masker yang benar tampaknya masih belum diketahui banyak orang. Alhasil kesalahan pemakaian masker ini bikin enggak efektif dalam mencegah persebaran Covid-19.

Baca Juga: Penyakit Otak Misterius Landa Kanada, Ini Faktanya

Ada sejumlah kesalahan pemakaian masker, salah satunya adalah memakai 2 masker sekaligus. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan tak semua jenis masker aman digunakan dobel.

"Jangan gabungkan 2 masker medis secara bersamaan sebab masker medis tidak dirancang untuk bisa digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan kemampuan filtrasi dan kesesuaian masker," ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia menyebut, masker KN95 tidak boleh didobel dengan jenis masker lainnya, termasuk masker medis. Jika ingin mendobel masker medis, gunakanlah masker berbahan kain.

Berikut ini beberapa kesalahan pemakaian masker yang bisa bikin fungsi masker terganggu sebagaimana melansir laman detikcom, Sabtu (3/4/2021):

1. Mencopot masker dengan tangan kotor

Kesalahan pemakaian masker yang pertama adalah tanpa sadar kita mencopotnya sementara tangan masih kotor. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menyentuh masker, tak terkecuali ketika mencopotnya.

Pasalnya, permukaan luar masker berisiko terpapar partikel virus. Yang dikhawatirkan, tangan menyentuh masker kemudian tak sengaja menyentuh area wajah.

Baca Juga: Heboh Video Mesum Palopo, Apa Alasan Orang Merekam Aktivitas Intim?

2. Masker tak menutupi hidung, mulut, dan dagu

Kesalahan pemakaian masker berikutnya adalah tak menutupi sempurna hidung, mulut, dan dagu. Bisa jadi karena tak nyaman berbicara sambil menggunakan masker, Anda mungkin refleks menurunkan masker. Atau karena terburu-buru, Anda tak sempat membenarkan posisi masker sehingga area dagu tak tertutup, atau tali masker menyilang saat dicantolkan ke telinga.

"Letakkan masker di wajah Anda menutupi hidung, mulut, dan dagu. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker. Tempatkan tali pengikat di belakang kepala atau telinga. Jangan menyilangkan tali karena dapat menyebabkan celah," dikutip dari laman WHO.

Baca Juga: Jika Dikonsumsi Berlebihan, Sayuran Ini Punya Efek Samping Aneh

3. Menggunakan masker yang sudah jelek

Kesalahan pemakaian masker berikutnya adalah lupa mengganti dengan yang baru dan masih bersih. Karena terlihat masih bersih, masker yang kusut dan sudah digunakan beberapa kali dikenakan kembali. Padahal, masker tersebut mungkin sudah terpapar virus dan tak lagi aman dikenakan.

Maka WHO menganjurkan untuk tidak memakai kembali masker yang sudah rusak dan digunakan berkali-kali.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago