SOLOPOS.COM - Logo ASEAN Para Games 2022 (APG) 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 di Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kegiatan torch relay atau pawai obor ASEAN Paragames (APG) 2022 di Kota Solo dilaksanakan berbarengan dengan car free day (CFD) di Jl Slamet Riyadi, Minggu (24/7/2022). Rute pawai obor mulai dari Purwosari hingga depan Balai Kota Solo dengan jarak 5 kilometer.

Tiga tarian bakal memeriahkan torch relay atau pawai obor APG 2022 tersebut. Ketiganya yakni Buto Gedrug, Lembu Suro, dan Barong Kemamang yang akan unjuk gigi di depan Taman Sriwedari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Solo  Tuti Orbawati mengatakan lokasi titik kumpul kirab pawai obor ASEAN Paragames 2022 yakni di kawasan Purwosari sekitar pukul 06.30 WIB.

Sementara prosesi pemindahan dari lentera ke obor juga dilakukan di Purwosari. “Acara kirab obor diikuti unsur forum komunikasi pimpinan daerah Solo dan mantan atlet mulai dari Purwosari sampai depan Balai Kota Solo,” katanya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (22/7/2022).

Selain itu, ada tiga kelompok seni yang menampilkan tarian di depan Taman Sriwedari, yakni Buto Gedrug, Lembu Suro, dan Barong Kemamang.

Baca Juga: Bareng CFD, Catat Rute Pawai Obor ASEAN Paragames 2022 di Kota Solo

Pawai obor juga bakal diiringi oleh beberapa kelompok seni reog di setiap simpang empat. “Ada 15 kelompok reog yang unjuk gigi saat rombongan pembawa obor berlari di jalan. Sementara pertunjukan seni dan budaya digelar di depan Taman Sriwedari,” ujarnya.

Tarian Keris

Mantan Lurah Baluwarti itu menyampaikan rombongan pembawa obor bakal disambut tarian keris dan gunungan di lapangan Balai Kota Solo. Para penari keris dan gunungan berkolaborasi dengan tiga kelompok reog bakal unjuk gigi selama beberapa menit.

Kemudian, setelah pawai itu pula, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyalakan api obor ASEAN Paragames 2022. Sebelumnya, Ketua Indonesia Asean Paragames Organizing Comittee (INAPOC) sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan pelaksanaan torch relay berbarengan dengan CFD.

Baca Juga: Sibuknya Sanggar Wayang Gogon Solo, 24 Jam Nonstop Kebut Suvenir APG

Pengambilan Api Abadi Mrapen di di Kabupaten Grobogan direncanakan pada 23 Juli. Api abadi langsung dibawa ke Semarang, Sukoharjo, Karanganyar dan berakhir di Kota Solo.

“Wayang kulit Rajamala yang menjadi suvenir APG 2022 memiliki filosofi sebagai penolak bala. Saya ingin event ini berjalan lancar dan sukses,” kata Gibran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya