SOLOPOS.COM - Maskot Solo International Performing Arts (SIPA) 2021, Endah Laras (tengah), diiringi penari yang tergabung pada Sanggar Tari Semarak Candra Kirana membuka pertunjukan SIPA 2021 secara Hybrid dan Drive-in di Bengawan Solo Park at Jurug Zoo kompleks Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (7/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tiga event Kota Solo dipilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN). Ketiganya yakni Solo Keroncong Festival, Festival Payung Indonesia, dan Solo International Performing Art.

Kabid Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Tuti Orbawati, mengatakan tiga event tersebut dipilih langsung oleh Kemenparekraf. “Di sana ada kuratornya. Mereka lah yang memberikan penilaian layak tidaknya event di Solo masuk dalam KEN. Hasilnya yang tiga itu,” ungkapnya saat ditemui Solopos.com di Balai Kota Solo, Selasa (8/3/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Orbawati menjelaskan satu per satu event Kota Solo yang masuk Kharisma Event Nusantara tersebut. Dimulai dari Solo Keroncong Festival. “Solo kan terkenal dengan rumah keroncongnya. Keroncong itu sendiri lahir di Solo. Biasanya Solo Keroncong Festival diselenggarakan antara bulan Juni atau Juli. Tahun ini kalau tidak ada perubahan juga dilaksanakan Juli,” terangnya.

Sementara Festival Payung Indonesia, kata Orbawati, tidak berada di bawah Disbudpar melainkan pihak lain. “Namun biasanya pelaksanaan kegiatannya juga lumayan besar. Bahkan sering tampil di luar Jawa,” ujarnya.

Sementara untuk Solo International Performing Art (SIPA), lanjut Orbawati, juga merupakan kegiatan yang cukup besar. “Event ini juga cukup menjadi perhatian dan diminati. Sesuai namanya, Solo International Performing Art ini tampilnya ya di Solo. Tidak di luar daerah,” ujarnya.

Baca Juga: Selain Waldjinah, Ini Sederet Bintang Tamu Solo Keroncong Festival 2021

5 Aspek Penilaian

Pamong Budaya Bidang Seni Budaya Disbudpar Solo Pujiono menambahkan event yang terpilih masuk Kharisma Event Nusantara merupakan yang terbaik dari sejumlah event yang diselenggarakan. “Seperti Solo Kroncong Festival. Memang pelaksanaannya di Solo saja. Tapi yang menonton cukup banyak. Bahkan dari luar negeri,” ujarnya.

Karenanya, Pujiono menyebut wajar jika Solo Keroncong Festival sudah terkenal hingga dunia international. “Karena sekali lagi, peminatnya juga banyak dari dunia internasional,” tuturnya.

Baca Juga: Festival Payung 2021, Begini Antrean Warga Masuk Taman Balekambang Solo

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Instagram @pariwisatasolo, Kharisma Event Nusantara merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah.

Penilaiannya meliputi lima aspek utama, yakni ide dan potensi inovasi, aspek pengembangan ekonomi kreatif, aspek event management, aspek seni pertunjukan dan budaya, dan terakhir aspek strategi komunikasi serta media.

Berdasarkan informasi di laman kemenparekraf.go.id, Kharisma Event Nusantara 2022 diluncurkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (1/3/2022). Acara itu dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno sementara Presiden Jokowi menyampaikan sambutan lewat video.

Baca Juga: Keren! Festival Reog Ponorogo Masuk Kalender Wisata Nasional 2022

“Kami berharap event-event yang masuk KEN 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi para penyelenggara event di seluruh Indonesia bahwa event dapat diselenggarakan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability [CHSE] yang ketat dan disiplin, juga tetap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dan aparat setempat,” kata Sandiaga dalam artikel di laman kemenparekraf.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya