SOLOPOS.COM - Ilustrasi ASN atau PNS. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Kalangan legislator DPRD Solo menilai sikap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang langsung mendatangi dan menegur tiga aparatur sipil negara atau ASN makan di warung pada jam kerja sudah tepat.

Gibran memergoki sendiri tiga ASN yang melakukan tindakan tidak pantas itu, Senin (4/10/2021) lalu. “Intinya saya sepakat dengan Pak Wali Kota. Bila beliau pakai istilah ora cetha, ya betul ora cetha,” ujar Ketua Komisi I DPRD Solo, Suharsono, kepada Solopos,com, Rabu (6/10/2021) siang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Namun demikian, Suharsono menekankan pentingnya upaya untuk mengetahui alasan tiga ASN melakukan hal itu sebelum memberikan sanksi. Perlu adanya penyelidikan atau klarifikasi kepada tiga ASN terkait tindakan mereka nongkrong di warung pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: 3 ASN Tepergok Makan di Warung, Sekda Solo: Jam Kerja Kok Kongko!

Apalagi tiga ASN Pemkot Solo itu memakai sendal jepit saat makan di warung tersebut. Harus dicari tahu apakah mereka mempunyai alasan atau tidak. “Ini diselidiki, pakai sendal jepit karena kakinya sakit atau enggak, nongkrong di situ kenapa,” imbuhnya.

Alasan tindakan tiga ASN itu akan menjadi penentu apakah mereka melanggar aturan atau kah tidak. Sebab peraturan kedisiplinan pegawai bisa menoleransi tindakan ASN bila mempunyai alasan yang masuk akal. Seperti bila ternyata para ASN itu memakai sendal jepit dikarenakan kondisi kaki mereka sedang sakit.

Melanggar Etika

“Mereka harus dimintai klarifikasi, dipanggil. Kalau memang alasannya tidak cetha ya kasih sanksi. OPD dalam hal ini BKPPD Solo yang berwenang. Bila melanggar etika ASN atau peraturan pemerintah tentang disiplin ASN ya kasih sanksi,” urainya.

Baca Juga: Lihat 3 ASN Solo Makan di Warung saat Jam Kerja, Gibran Meradang

Suharsono menjelaskan sanksi atas pelanggaran etika dan disiplin ASN berjenjang mulai dari yang paling ringan hingga terberat. Hasil klarifikasi tiga ASN akan menjadi dasar penentuan sanksi terhadap mereka.

Diberitakan sebelumnya Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kecewa dibuat meradang mendapati tiga ASN sedang nongkrong di warung pada Senin pukul 10.00 WIB. Saat itu Gibran mendapati sendiri tiga ASN itu nongkrong.

Para ASN itu terlihat Gibran nongkrong di warung di belakang Kompleks Balai Kota Solo. Saat itu dia keluar dari pintu belakang sisi utara akan ke Pura Mangkunegaran. Mendapati tiga ASN nongkrong, Gibran langsung menegur mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya