top ear
Ilustrasi perawatan wajah. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi perawatan wajah. (Freepik)

3 Alasan Wajib Pakai Sunscreen Meski di Rumah Aja

Tips kecantikan kali ini membahas manfaat pemakaian sunscreen.
Diterbitkan Sabtu, 6/06/2020 - 21:00 WIB
oleh Solopos.com/Nia Kurniasih
2 menit baca

Solopos.com, SOLO – Sunscreen menjadi skincare yang wajib dipakai meski berada di dalam rumah. Kosmetik ini berfungsi melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan radikal bebas.

Dokter kulit dari layanan kecantikan online Apostrophe, Maggie Kober, mengatakan perawatan kulit tetap penting meskipun Anda hanya berdiam diri di rumah. Ia menambahkan perawatan kulit harus tetap dijaga.

Rutin membersihkan wajah, mengoleskan pelembab, krim anti-penuaan, dan pakai sunscreen tetap penting dilakukan meski hanya tinggal di rumah.

Lalu mengapa Anda harus tetap memakai sunscreen meski hanya di rumah? Dikutip dari Boldsky, Rabu (3/6/2020), berikut bahaya yang dapat mengancam kesehatan kulit jika tidak memakai sunscreen:

Tembus 30.514! Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Tambah 993 Per 6 Juni 2020

Kulit Rusak

Pakai sunscreen dapat melindungi kulit dari radiasi perangkat elektronik yang ada di rumah. Sinar biru pada perangkat elektronik tersebut menghasilkan radikal bebas yang merusak kulit.

Cahaya biru pada alat ektronik juga mengakibatkan menipisnya lapisan yang melindungi kulit dari hiperpigmentasi hingga penuaan dini. Jadi, penting bagi Anda menjaga kulit dari paparan sinar biru perangkt elektronik. Salah satu caranya dengan memakai tabir surya atau sunscreen meski hanya di dalam rumah.

Cerita Pedagang di Selter Manahan Solo Waswas Diteror Ular Muncul dari Atap

Penuaan dini

Banyak orang beranggapan berada di rumah membuat mereka terbebas dari paparan sinar matahari. Padahal, sinar matahari mampu menembus kaca.

Paparan sinar ultraviolet bisa menyebabkan penuaan dini, hiperpigmnetasi, dan lingkar hitam yang muncul di bagian wajah.

Efek sinar ultraviolet tergantung pada lamanya Anda terkena paparan. Bahkan sinar ultraviolet bisa menyebabkan penyakit serius seperti kanker kulit.

Oleh karena itu, pakai sunscreen sangat penting dilakukan walaupun hanya di rumah. Pilihlah sunscreen yang mengandung SPF 30.

Jus Jeruk, Solusi Sehat Mengatasi Sembelit

Kanker kulit

Polusi mengintai kulit walaupun berada di dalam rumah. Polusi tersebut bisa berasal dari jamur, serbuk sari tanaman, produk rumah tangga, gas karbon dioksida, serta bahan mengandung timbal.

Polusi bakal semakin berbahaya bagi kulit jika bercampur dengan sinar ultraviolet lantaran meningkatkan risiko penuaan dini bahkan kanker kulit.

Jadi, jangan lupa tetap pakai sunscreen meski hanya dalam rumah. Pilihlah tabir surya yang mengandung zinc dan titanium dioxide untuk mencegah penyerapan sinar ultraviolet pada kulit.


Editor : Profile Chelin Indra Sushmita
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini