SOLOPOS.COM - Proses penyaluran bantuan langsung tunai minyak goreng (BLT Migor) senilai Rp300.000 dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp200.000 di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Senin (18/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 3.605 keluarga di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menerima bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng yang disalurkan bersamaan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sejak Senin-Kamis (18-21/4/2022).

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Selogiri, Surono, menyampaikan data itu gabungan penerima BPNT dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Meski begitu, menurut Surono, ada 149 KPM yang tak mendapat BLT minyak goreng pada tahap ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari data sebelumnya itu lebih dari 3.754 KPM. Jadi antara BPNT dan PKH itu ada yang ketinggalan sekitar 149 KPM,” kata Surono saat dihubungi Solopos.com, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga : Punya Avanza, Warga di Wonogiri Melobi Kades Dijadikan Penerima BLT

Di antara 149 KPM yang tak mendapatkan BLT minyak goreng pada tahap ini karena meninggal dunia, pindah, atau alasan lain. Selain alasan tersebut, Surono menyampaikan ada KPM yang layak, tetapi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari pemerintah belum keluar.

“Untuk itu kami masih menunggu dari kementerian apakah muncul SP2D jadi bisa dicairkan. Kalau sudah keluar SP2D susulan akan kami salurkan sesuai perintah. Yang jelas untuk saat ini ada 149 KPM yang belum muncul namanya,” terangnya.

Baca Juga : Tangis Bahagia Lansia Wonogiri setelah Menerima BLT Dana Desa

Sebanyak 3.605 penerima yang terdiri KPM BPNT dan KPM PKH masing-masing mendapat bantuan Rp500.000. Nilai bantuan itu terdiri dari BLT minyak goreng Rp300.000 dan BPNT Rp200.000 yang semula direncanakan cair pada Mei.

Camat Selogiri, Sigit Purwanto, menambahkan penyaluran BLT minyak goreng dilakukan di masing-masing desa. “Baik gabungan dua desa maupun di desa masing-masing. Semuanya dilaksanakan di balai desa,” tuturnya.

Baca Juga : 140.229 KPM di Wonogiri Bakal Peroleh BLT Minyak Goreng, Kapan?

Sama seperti penyaluran bantuan pemerintah di wilayah lain, KPM harus mengikuti vaksin booster Covid-19 agar bisa mengambil bantuan. Oleh karena itu, pemerintah kecamatan menyiasati dengan menggelar vaksinasi booster Covid-19 di Pendopo Kecamatan Selogiri pada Kamis (14/4/2022). Sigit menuturkan langkah itu diambil guna memperlancar penyaluran.

“Tujuannya, selain mencapai target vaksinasi booster di angka 30 persen sebelum momen Lebaran. Juga untuk memenuhi persyaratan penerimaan BLT minyak goreng. Intinya untuk menyinergikan target vaksinasi booster dengan kegiatan migor.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya