SOLOPOS.COM - Perwakilan kontingen Laos berfoto bersama di depan Stadion Manahan Solo saat kegiatan Welcoming Ceremony, Rabu (27/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 3.135 personel gabungan bakal mengamankan jalannya ASEAN Para Games pada 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022 mendatang. Kepolisian turut mengamankan lokasi penginapan para delegasi, atlet, dan ofisial di Kota Solo.

Hal itu disampaikan oleh Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (27/7/2022) sore. Menurutnya rangkaian pengamanan itu telah dilakukan sejak 22 Juli 2022 lalu. Kepolisian dibantu oleh jajaran Korem 074/Warastratama, Kodim 0735 Solo, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Ia menambahksan sasaran pengaman pertama yakni sebelas venue, 15 hotel akomodasi atlet maupun pejabat penyelenggara. Kepolisian juga mengamankan sarana dan prasana untuk  APG.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Semua kami siapkan secara maksimal. Kami mendirikan posko command center di Stadion Manahan. Besok ada rakor terkait rencana kedatangan tamu VVIP pada opening ceremony 30 Juli 2022 mendatang,” kata dia.

Ia menambahkan kepolisian juga telah sukses mengamankan jalannya torch relay atau pawai obor dan pengibaran bendera seluruh negara peserta. Agenda terdekat kepolisian mengamankan jalannya gala dinner di Pura Mangkunegaran.

“Opening ceremony di Stadion Manahan kapasitas peserta 5.000. Update opening masih menunggu, closing juga sama di Manahan dan dihadiri VVIP,” kata dia.

Baca Juga: Bendera Peserta ASEAN Para Games Resmi Berkibar, Selamat Datang di Solo

Ia menambahkan Polresta Solo all out mengamankan tahapan pertandingan APG agar berjalan aman, nyaman, dan sehat.

Ia menambahkan sejumlah lokasi pertandingan digelar di wilayah Polres Karanganyar dan Polrestabes Semarang. Polresta Solo bakal berkoordinasi secera efektif terkait pengamanan venue itu. Di sisi lain, seluruh pengamanan bakal terhubung karena pendaratan peserta di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Baca Juga: Jelang Persija Vs Persis, Pasoepati Jakarta Kula Nuwun ke The Jakmania

“Kami akan lakukan Operasi Cipta Kondisi. Personel gabungan skala besar setiap hari kami lakukan selain pengamanan venue,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya