[x] close
267 Warga Karanganyar Tak Ambil BST Kemensos, Rp80 Juta Kembali Ke Kas Negara
Solopos.com|soloraya

267 Warga Karanganyar Tak Ambil BST Kemensos, Rp80 Juta Kembali Ke Kas Negara

Sebanyak 267 warga Karanganyar yang terdaftar sebagai KPM BST Kemensos tidak mengambil jatah bantuan mereka sejak Februari 2021.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 267 warga di daftar keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial tunai atau BST dari Kemensos di Karanganyar tidak mengambil jatah bantuan mereka untuk penyaluran Februari 2021.

Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar mencatat ada beberapa penyebab warga tersebut tidak mengambil jatah BST tersebut. Kepala Dinsos Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, mengatakan beberapa alasan tersebut antara lain KPM merasa sudah mampu.

Ada pula yang sudah meninggal dunia dan identitasnya tidak jelas. Namun, Basuki menegaskan uang bantuan yang tidak diambil KPM tidak langsung masuk kas negara. Dinsos akan melihat dulu situasinya hingga tiga bulan ke depan.

Baca Juga: Terjaring Di Pos Penyekatan Cemoro Kandang Karanganyar, 2 Orang Dites Swab

“Bisa saja karena kesibukan penerima sehingga menunda pengambilan. Tapi kalau sudah tiga bulan berturut-turut tidak diambil akan dicek petugas. Kalau meninggal, alamat tidak ditemukan, dan penerima merasa sudah mampu serta alasan lain yang mendukung, baru uangnya akan kembali ke kas negara,” jelasnya kepada Solopos.com, Selasa (20/4/2021).

Kembali Ke Kas Negara

Menurut Basuki, terdapat 267 warga Karanganyar yang tak mengambil jatah BST Kemensos senilai Rp300.000 per bulan. Artinya, uang yang akan kembali ke kas negara mencapai Rp80,1 juta apabila tidak diambil selama tiga bulan.

Baca Juga: Mudik Solo Dilarang Per 1 Mei, Kecuali Untuk Beberapa Kepentingan Ini

Sementara itu, per Selasa (20/4/2021) BST untuk Maret dan April sudah mulai disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Berdasarkan data dari Dinsos Karanganyar penerima BST totalnya 17.635 keluarga. “Ini dirapel langsung untuk dua bulan. Jadi penerima akan menerima langsung Rp600.000 untuk penyaluran ini,” bebernya.

Terpisah, Kepala Kantor Pos Karanganyar, Sigit Sutendi, mengatakan Kantor Pos Karanganyar mendapatkan tugas untuk menyalurkan BST Kemensos ke 13.319 warga di 14 kecamatan.

Baca Juga: Dikritik, Sukowati Night Market Pindah Ke Jl Diponegoro Sragen

Sisanya sebanyak 4.316 keluarga yang berada di wilayah Colomadu, Gondangrejo, dan Jaten pembagian dilakukan oleh Kantor Pos Solo. “Total ada 45 tempat penyaluran. Personel yang kami kerahkan ada 25 orang nanti ditarget selesai selama empat hari. Untuk hari ini [Selasa] tidak ada kendala, semua lancar,” terang Sigit.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago