SOLOPOS.COM - Petugas medis dari Tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polresta Solo memeriksa urine para pengemudi bus saat tes kesehatan di Terminal Tirtonadi, Solo, Selasa (26/4/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 25 sopir bus dites urine dalam kegiatan yang digelar pengelola Terminal Tirtonadi bekerja sama dengan Polresta Solo di terminal tersebut, Selasa (26/4/2022). Acara mulai pukul 08.00 WIB.

Tes urine ini bertujuan menjaga sekaligus mengontrol kondisi dari para sopir bus yang melayani penumpang dalam angkutan Lebaran 2022. Selain itu tes urine juga bertujuan mengecek apakah supir bus menggunakan narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kasi Dokkes Polresta Solo Penata dr Edy Wirastho saat dihubungi Solopos.com, Selasa (26/4/2022), mengatakan tes urine ini dalam rangka pengecekan menjelang Lebaran 2022.

“Tes ini rutin kami lakukan saat menjelang hari besar lainnya juga seperti Natal atau dalam situasi tertentu,” ujar Edy Wirastho. Lebih lanjut, dr Edy juga menjelaskan sebanyak 25 sopir dan kru bus dites urine di Terminal Tirtonadi Solo dan hasilnya negatif zat Napza.

“Tadi ada 25 sopir bus, itu semua yang melintas di Terminal Tirtonadi. Semua hasilnya negatif. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi kepada para sopir untuk segera mendapatkan vaksin booster,” ujar Edy.

Baca Juga: Cek Persyaratan Pemudik, Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Pos Kesehatan

Tujuan diadakan tes urine ini, yakni untuk menjamin keselamatan para penumpang saat mudik Lebaran 2022. “Tes ini bertujuan agar penumpang bisa terjamin selama perjalanan karena sopir sehat, konsentrasi terjaga, sehingga mudik aman dan sehat.” tegasnya.

Keamanan Penumpang

Senada dengan dr Edy Wirastho, Kepala Terminal Tirtonadi Joko Sutriyanto menyebut tujuan dilaksanakan tes urine tersebut yakni untuk menjaga keamanan penumpang saat mudik Lebaran 2022.

“Acara ini [tes urine] kami mulai sejak pukul 08.00 WIB, ini kami lakukan secara rutin setiap tiga bulan sekali, tetapi saat menjelang hari-hari besar sebulan bisa dua kali. Tujuannya tentu untuk kenyamanan penumpang itu sendiri.” ujar Joko Sutriyanto.

Baca Juga: Pemkot Solo Sediakan Layanan Bus Mudik Gratis, Segini Kuotanya

Seperti diberitakan, pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran setelah dua tahun larangan karena pandemi Covid-19. Pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan, bahkan mudik gratis bagi perantau di Jabodetabek yang ingin pulang ke kampung halaman menggunakan bus.

Solo menjadi salah satu tujuan program mudik gratis tersebut dengan Terminal Tirtonadi Solo menjadi lokasi penurunan penumpang maupun sepeda motor pemudik yang diangkut truk. Sekitar 4.500 pemudik gratis tujuan Solo diperkirakan berdatangan pada akhir pekan ini.

Baca Juga: Ini 3 Program Mudik Gratis 2022 ke Solo, Lengkap Syarat dan Cara Daftar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya