SOLOPOS.COM - Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi. (Antara/Kemlu RI)

Solopos.com JAKARTA — Evakuasi terhadap warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Ukraina terus dilakukan menyusul invasi Rusia ke negara tersebut. Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyampaikan perkembangan terkait evakuasi WNI dari Ukraina.

Menurut Retno, total WNI yang berhasil dievakuasi dari Ukraina mencapai 99 orang, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri. Dia menjelaskan para WNI yang telah dievakuasi saat ini berada di dua titik aman, yaitu di Bucharest, Rumania dan di Rzeszow, Polandia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Masih terdapat 4 WNI di Kharkiv dan 9 di Chernihiv, di sebelah utara Ukraina. Mereka belum dapat dievakuasi mengingat pertempuran darat masih terus terjadi,” kata Retno dalam keterangan pers, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Rentetan Konflik Rusia dan Ukraina dari Waktu ke Waktu

Menlu Retno Marsudi mengungkapkan terdapat 24 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga. Yakni karena mereka menikah dengan Warga Negara Ukraina.

Lebih lanjut, Pemerintah RI melalui KBRI Kiev dan KBRI Moskow terus melakukan kontak terhadap WNI yang masih terjebak di Ukraina. Berdasarkan informasi yang diterima, kata Retno, para WNI tersebut dalam kondisi sehat dan memiliki pasokan logistik yang cukup. “Pemerintah masih terus menunggu saat yang tepat untuk dapat mengevakuasi mereka,” ucap Retno.

Sementara itu, dari total 99 WNI yang berhasil dievakuasi, 25 WNI di antaranya dievakuasi melalui Odessa dan telah tiba di Bucharest, Rumania pada Minggu ( 27/2/2022). WNI yang dievakuasi semuanya perempuan dan 1 anak berumur sekitar 12 tahun.

Baca juga: Pemerintah Ukraina: Kami Menunggu Dukungan Anda, Indonesia!

Kedua, 6 orang WNI dan 1 WNA yaitu suami dari WNI pada 27 Februari 2022 juga telah berhasil diseberangkan, dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia. Kemudian, KBRI Warsawa mengevakuasi 6 WNI yang terdiri dari 2 perempuan dewasa, 3 anak-anak dan 1 bayi juga berhasil dievakuasi.

Antre di Perbatasan

Evakuasi kembali berhasil dilakukan terhadap 4 WNI ( 2 pria dan 2 anak) dan 2 WNA (pasangan WNI) yang juga telah dijemput oleh tim KBRI Warsawa menuju Polandia, dengan jarak tempuh 150 km.

“Rombongan sempat mengalami antre di perbatasan cek poin Polandia selama kurang lebih dari 2 jam sebelum akhirnya bisa masuk ke Polandia,” ujarnya.

Baca juga:99 Warga Indonesia Tinggalkan Ukraina 

Pemerintah Indonesia kembali melakukan evakuasi dengan rombongan terbesar yaitu 59 WNI dan 1 WNA dari Kiev dan telah berhasil diseberangkan ke wilayah Moldova dan saat ini dalam perjalanan menuju Rumania.

“Evakuasi dari Kiev ini sebelumnya direncanakan dilakukan tanggal 27 Februari 2022 yaitu melewati kota Lviv menuju Polandia. Namun karena adanya kebijakan curfew dan beberapa tantangan infrastruktur jalan yang diakibatkan peperangan maka evakuasi terpaksa harus ditata ulang kembali. Saya sendiri terlibat langsung dalam penataan ulang jalur aman untuk evacuee dari Kiev,” ujar Retno Marsudi.

menlu menjelaskan evakuasi WNI dari Ukraina menggunakan 12 mobil dengan banyak menggunakan jalur alternatif guna menghindari antrean dan macet di jalur utama.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya