SOLOPOS.COM - Masker. (Freepik.com)

Solopos.com, SUKOHARJO – Sebanyak 23 kelompok wanita yang rentan terdampak Covid-19 di Sukoharjo diberdayakan untuk membuat masker. Pemkab Sukoharjo meminta 230 wanita dalam kelompok tersebut menjahit masker untuk disalurkan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti, mengatakan pemberdayaan ini merupakan program pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

4 Hari New Normal di Sragen, Kasus Positif Covid-19 Tambah 6 

Bentuk program itu berupa bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) yang bertujuan meningkatkan produktivitas ekonomi wanita rentan terdampak Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Sukoharjo.

"Bentuk bantuan dan penerima manfaat adalah perempuan terdampak Covid-19 terdiri dari 230 orang dalam 23 kelompok perempuan rentan yang belum menerima bantuan sejenis dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN," kata dia, Jumat (12/6/2020).

Leher Pemuda Tewas Tersayat Benang Layangan di Mojosongo Solo Ternyata Terjerat 2 Senar Bening 

Dalam pelaksanaannya, setiap kelompok wanita rentan terdampak Covid-19 di Sukoharjo itu terdiri dari 10 anggota dan membuat 1.500 masker.  Bahan baku pembuatan masker berasal dari Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pembuatan masker tersebut, mereka mendapatkan bantuan ongkos jahit Rp3.000 per masker. Dengan demikian setiap kelompok mendapat dana Rp4.500.000 yang diberikan langsung ke rekening.

Air Mata Heni, Buruh Tyfountex Sukoharjo yang Dirumahkan 

Lebih lanjut 20% hasil pembuatan masker atau sebanyak 6.900 masker diberikan ke Provinsi Jateng pada 28 Mei 2020. Kemudian 40% atau 13.800 masker untuk Kabupaten Sukoharjo yang didistribusikan camat sebanyak 12.000 masker, penyuluh keluarga berencana (KB) sebanyak 1.800 masker. Sisanya 40 % atau 13.800 masker untuk 23 kelompok penerima manfaat.

Asisten Pemerintahan Setda Sukoharjo, Sukito, berharap penyaluran bantuan masker bisa bermanfaat untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo.

"Masker, bisa dipakai untuk membentengi diri dari Covid-19,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya