SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, saat meresmikan Polsubsektor Kandeman di Kabupaten Batang, Selasa (4/10/2022). (Solopos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, BATANG — Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi, menyebut belum semua kecamatan di Jateng yang memiliki kepolisian sektor (polsek), satuan komando Polri di tingkat kecamatan. Dari 576 wilayah kecamatan yang ada di Jateng, baru sekitar 553 kecamatan yang memiliki polsek.

“Di Jawa Tengah ada 576 wilayah kecamatan, namun yang ada Polsek-nya baru 553,” jelas Kapolda Jateng saat meresmikan Polsubsektor Kandeman, Kabupaten Batang, Selasa (4/10/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Guna memenuhi kebutuhan akan hadirnya Polsek itu, Polda Jateng pun membentuk 14 Polsubsektor yang tersebar di berbagai wilayah. Ke-14 Polsubsektor baru di Jateng itu antara lain Polsubsektor Ungaran Timur Polres Semarang, Polsubsektor Bancak Polres Semarang, Polsubsektor Trangkil Polres Pati, Polsubsektor Tamansari Polres Boyolali, Polsubsektor Gladagsari Polres Boyolali, Polsubsektor Wonosamudro Polres Boyolali, Polsubsektor Kampung laut Polres Cilacap.

Selanjutnya Polsubsektor Klaten Selatan Polres Klaten, Polsubsektor Ngawen Polres Klaten, Polsubsektor Kledung Polres Temanggung, Polsubsektor Gemawang Polres Temanggung, Polsubsektor Kalibawang Polres Wonosobo, Polsubsektor Pecalungan Polres Batang dan Polsubsektor Kandeman Polres Batang.

Luthfi menambahkan berdasar kajian di tingkat Polda, usulan kebutuhan tambahan Polsek di Jateng telah diajukan ke Kemenpan RB dan Kapolri. “Untuk sementara baru di ACC 14 Polsubsektor. Masing-masing Polsubsektor ini nanti secara bertahap akan berubah menjadi Polsek. Tentunya, setelah melalui beberapa kajian,” ujar Luthfi.

Baca juga: Kapolda Jateng Sebut Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo Diduga karena Kelalaian

Kehadiran 14 Polsubsektor baru ini, lanjut Kapolda Jateng, merupakan upaya untuk memaksimalkan kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Dirinya berharap personel Polri yang bertugas di Polsubsektor baru memiliki semangat untuk menjadi garda terdepan dalam membina harkamtibmas kepada masyarakat.

“Harapannya, dengan hadirnya Polsubsektor baru, polisi lebih baik dalam memberikan pelayanan dan menjadi lebih dekat dengan masyarakat. Polri besar kecilnya tergantung dari masyarakat yang dilayani,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya