22 SMA/SMK Sukoharjo Sudah PTM, Ini Daftarnya

Sebanyak 22 sekolah jenjang SMA/SMK di Kabupaten Sukoharjo sudah menggelar pembelajaran tatap muka atau PTM masa pandemi Covid-19.
22 SMA/SMK Sukoharjo Sudah PTM, Ini Daftarnya
SOLOPOS.COM - Ilustrasi sekolah. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jumlah sekolah jenjang SMA/SMK di Sukoharjo yang melaksanakan pembelajaran tatap muka atau PTM terus bertambah. Hingga saat ini, terdapat 22 SMA/SMK di Sukoharjo yang sudah menjalankan simulasi PTM.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Cabang Wilayah VII, Suratno, mengatakan saat ini sudah ada banyak SMA/SMK yang melaksanakan simulasi PTM. Sebanyak 22 sekolahan yang mengikuti simulasi PTM meliputi sekolah negeri maupun swasta.

“Sudah hampir semuanya. Tapi memang untuk saat ini yang sudah siap melaksanakan simulasi PTM memang baru 22 sekolah. Kami akan evaluasi terus perkembangannya untuk kebijakan selanjutnya,” jelasnya ketika dihubungi Solopos.com, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Kecil-Kecil, Magot Mampu Reduksi 6 Ton Sampah di Makamhaji Kartasura

Suratno mengatakan kabar munculnya klaster penularan Covid-19 di pendidikan tidak terlalu mempengaruhi aturan pelaksanaan simulasi PTM SMA/SMK di Sukoharjo.

Hanya, ia mengingatkan masing-masing kepala sekolah agar lebih disiplin dan memperketat penerapan protokol kesehatan di sekolah. “Kami juga minta agar ada koordinasi dengan orang tua siswa. Jadi pemantauan tidak hanya dilakukan dari sekolah tapi orang tua juga terkait anak saat berangkat dan pulang sekolah,” imbuhnya.

Meningkatkan Fungsi UKS

Selain itu, berdasarkan standard operating procedure (SOP) yang ditentukan, sekolah juga diwajibkan untuk menggandeng klinik kesehatan untuk meningkatkan fungsi UKS.

Baca Juga: Ngeri Lur! Eks Terminal Kartasura Jadi Lokasi Pesta Miras dan Esek-Esek

Di Sukoharjo, kerja sama sekolah jenjang SMA/SMK untuk pemantauan kesehatan siswa yang mengikuti simulasi PTM dilakukan dengan Puskesmas setempat.

“Kami tidak mewajibkan untuk mempekerjakan nakes profesional di sekolah untuk pemantauan kesehatan. Tapi memang ada kewajiban menggandeng klinik kesehatan. Kalau di Sukoharjo, kami mengajak sekolah bekerja sama dengan Puskesmas untuk memantau atau mengecek siswa yang memiliki gejala sakit saat pemeriksaan sebelum masuk ke kelas,” tuturnya.

Berdasarkan evaluasi saat ini, Suratno mengatakan tidak ada permasalahan berarti yang ditemui di masing-masing sekolah. Ia berharap ke depannya tidak ditemui klaster Covid-19 dari kegiatan PTM SMA/SMK Sukoharjo. “Sampai hari ini [Senin] tidak ada laporan siswa yang terpapar Covid-19. Kami harap seterusnya juga tidak ada,” terangnya.

Baca Juga: Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Daftar Sekolah

Berikut daftar 22 SMA/SMK Sukoharjo yang sudah menggelar PTM berdasarkan data Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jateng Cabang Wilayah VII.

1. SMAN 1 Sukoharjo

2. SMAN 3 Sukoharjo

3. SMA Insan Cendekia Al Mujtaba

4. SMA Islam Al Azhar 7 Sukoharjo

5. SMAN 1 Kartasura

6. SMA Unggulan CT Arsa Foundation

7. SMA Veteran 1 Sukoharjo

8. SMAN 1 Mojolaban

9. SMAN 1 Nguter

10. SMAN 1 Polokarto

11. SMAN 1 Tawangsari

12. SMKN 1 Sukoharjo

13. SMKN 6 Sukoharjo

14. SMK Bina Patria 1 Sukoharjo

15. SMK Kasatrian Solo Sukoharjo

16. SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo

17. SMKN 5 Sukoharjo

18. SMK Saraswati Grogol Sukoharjo

19. SMK Veteran 1 Sukoharjo

20. SMKN 2 Sukoharjo

21. SMKN 3 Sukoharjo

22. SMKN 4 Sukoharjo

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago