SOLOPOS.COM - Seorang siswa SDN Pergiwatu Wetan saat menerima vaksin Covid-19 dosis pertama pada Senin (27/12/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Sebanyak 211 siswa dari tiga sekolah dasar (SD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kapanewon Sentolo menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kulonprogo bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Senin (27/12/2021).

Ratusan siswa tersebut mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama untuk usia 6 hingga 11 tahun. Kepala SDN Pergiwatu Wetan, Suhartini, mengatakan 211 siswa mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada Senin (27/12/2021). Ratusan siswa itu dari tiga sekolah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : Truk Vs Mio di Dekat Soto Sawah Colomadu Karanganyar, 2 Warga Terluka

“SDN Pergiwatu 121 siswa, SDN Pergiwatu Wetan 77 siswa, dan TK ABA Malangan 13 siswa. Total 211 siswa ditargetkan menerima vaksin Covid-19 dosis pertama,” kata Suhartini di sela-sela vaksinasi Covid-19 di SDN Pergiwatu Wetan, Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo, Senin (27/12/2021).

Suhartini menjelaskan vaksinasi Covid-19 di SDN Pergiwatu Wetan dilakukan dengan sistem sif. Langkah itu untuk meminimalkan penumpukan siswa dan orang tua yang menemani anak-anak saat vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : BBM Premium & Pertalite Bakal Dihapus, Ini Sebabnya

“Kami gunakan sif agar tidak terjadi kerumunan saat vaksinasi Covid-19. SD Pergiwatu kami jadwalkan pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB. SDN Pergiwatu Wetan pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB. TK ABA Malangan kami jadwalkan pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB,” jelasnya.

Ia menyampaikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun di SDN Pergiwatu Wetan tidak menemui kendala. Namun, beberapa siswa menangis saat disuntik.

Baca Juga : Survei Elektabilitas Capres: Ganjar Unggul, Prabowo dan Anies Menyusul

“Secara umum pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tidak ada kendala. Siswa juga kelihatan siap mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Siswa tidak banyak yang menangis,” ceritanya.

Ia mengapresiasi vaksinasi Covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Kulonprogo bekerja sama dengan BIN. “Kami cukup terbantu lewat kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis pertama kepada siswa usia 6 sampai 11 tahun. Semoga tidak ada KIPI [kejadian ikutan pasca imunisasi] yang berlebihan,” harapnya.

Baca Juga : Alhamdulillah, 750 Keluarga Kurang Mampu di Jateng dapat Aliran Listrik

Koordinator Vaksinasi Covid-19 BIN, Wuri Atmaja, mengatakan 211 siswa mendapatkan vaksin Covid-19 jenis Sinovac. “Kami terus bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kulonprogo untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada anak maupun masyarakat. Upaya vaksinasi Covid-19 terus kami kebut untuk mendorong herd immunity atau kekebalan kelompok di Kulonprogo,” ujar Wuri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya