SOLOPOS.COM - Pendataan penduduk (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Bisnis . com, JAKARTA – Jumlah penduduk Indonesia diperkirakan mencapai 305,6 juta jiwa pada 2035. Indonesia pada saat itu akan menjadi negara dengan populasi terbesar ke-5 dunia, setelah Nigeria.
Perkiraan tersebut dituliskan di dalam Proyeksi Penduduk Indonesia 2010—2035 yang disusun bersama oleh Kementerian Perencanaan Pembanungan/Bappenas, Badan Pusat Statistik, dan Organisasi Dana PBB untuk Populasi (UNFPA).
Laporan tersebut menyatakan populasi Indonesia akan meningkat 28,6% dari 237,7 juta jiwa pada sensus 2010 menjadi sekitar 305,6 juta jiwa pada 2035.
Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menjelaskan perkiraan itu berdasarkan asumsi berbagai kebijakan pengendalian penduduk pemerintah bisa terus bergulir baik.
“Asumsi itu kita pegang dengan pemikiran ada intervensi kebijakan tertentu, kalau ini tidak berhasil mungkin bisa lebih dari itu,” katanya di Istana Negara, Rabu (29/1/2014).
Pemerintah harus mampu menekan angka kelahiran bayi per perempuan usia produktif dari 2,5 anak pada 2010 menjadi 1,9 anak pada 2035 sekaligus menurunkan angka kematian bayi per 1.000 penduduk dari 29,3 pada 2010 menjadi 21 pada 2035.
Armida menambahkan Indonesia akan menjadi negara dengan populasi penduduk terbesar ke-4 di dunia setelah China, India, Amerika Serikat, dan Nigeria. Saat ini, Indonesia masih merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke-4.
“Nigeria itu sekarang masih di bawah kita, mungkin laju pertumbuhan penduduknya masih lebih tinggi,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya