SOLOPOS.COM - Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto (dua dari kiri), memaparkan penanganan kasus pidana yang selama 2021 di Mapolres Wonogiri, Kamis (31/12/2021). (Espos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Kasus kekerasan seksual terhadap anak menjadi salah satu kasus yang banyak ditangani Polres Wonogiri pada tahun 2021.

Data tersebut terungkap saat Polres Wonogiri menggelar jumpa pers akhir tahun di Mapolres Wonogiri, Kamis (30/12/2021). Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, menuturkan Polres Wonogiri banyak menangani kasus kekerasan seksual anak. Selain itu, pencurian dengan pemberatan dan penyalahgunaan narkoba.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Perhatian! Beberapa Ruas Jalan di Boyolali Mulai Tutup Jam 17.00 WIB

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, ia mengklaim jumlah kasus tindak pidana di Kabupaten Wonogiri yang ditangani Polres Wonogiri pada 2021 menurun 15,8 persen dibanding 2020. Dari data kasus yang diperoleh Solopos.com, jumlah tindak pidana yang ditangani Polres Wonogiri selama 2021 sebanyak 119 perkara.

Jumlah itu turun 33 perkara atau 15,8 persen dibanding 2020. Tindak pidana yang ditangani Polres Wonogiri pada 2020 tercatat 152 perkara.

Baca Juga : Ingat Ya Lur! Akses Menuju Alun-alun Klaten Ditutup Total Malam ini

Dilihat dari persebaran kasus selama 2021, Polsek Wonogiri Kota menangani kasus pidana paling banyak, yakni 21 perkara. Polsek lain yang menangani cukup banyak kasus, seperti Polsek Selogiri menangani 17 kasus, Polsek Ngadirojo menangani 11 kasus.

Polsek lain, yakni Purwantoro 10 kasus dan Polsek Sidoharjo tujuh kasus. Di sisi lain ada empat Polsek yang tidak menangani kasus pidana, yakni Polsek Jatipurno, Puhpelem, Batuwarno, dan Karangtengah.

Baca Juga : Malam Tahun Baru, Ganjil Genap Belum Diterapkan di Kulonprogo

Dari 119 kasus itu, polisi menangkap 100 tersangka terdiri atas 94 laki-laki dan 6 orang perempuan. Kapolres menyampaikan kasus tindak pidana yang ditangani Polres Wonogiri turun merupakan capaian luar biasa.

Menurut dia, hal tersebut menunjukkan segala daya upaya yang dilakukan petugas bersama masyarakat membuahkan hasil. “Ini capaian bersama. Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat punya peran penting dalam menekan angka kriminalitas di Wonogiri,” kata Kapolres didampingi Kasatreskrim, AKP Supardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya