SOLOPOS.COM - Ilustrasi beras. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA — Para petani di Indonesia berhasil mencukupi kebutuhan pangan dalam bentuk beras selama tiga tahun berturut-turut. Bulog menjelaskan sejak 2019-2021, Indonesia tidak pernah melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Dalam tiga tahun terakhir, CBP tidak pernah impor. Apa yang disampaikan Bapak Presiden bahwa Indonesia sampai saat ini tidak melakukan impor selama tiga tahun terakhir, perlu saya sampaikan bahwa memang Bulog untuk CBP tidak impor,” kata Direktur Utama Bulog, Budi Waseso, dalam konferensi pers akhir tahun di Jakarta, Selasa (28/12/2021), sebagaimana dilansir Antara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Andalkan Beras Petani Dalam Negeri, 3 Tahun Indonesia Tak Impor Beras

Budi Waseso (Buwas) mengatakan, Bulog mengandalkan beras produksi petani dalam negeri, termasuk untuk cadangan beras pemerintah (CBP) selama tiga tahun terakhir. Pada 2021, Bulog menyerap 1,2 juta ton beras di tingkat petani sebagai upaya mengamankan harga beras.

“Keberhasilan kita dalam melakukan penyerapan beras dalam negeri tahun ini merupakan hasil kerja keras jaringan Bulog di seluruh Indonesia di tengah pandemi COVID-19. Penyerapan beras dalam negeri ini sangat membantu petani Indonesia yang kesulitan menjual beras mereka selama pandemi COVID-19 dan juga mempertahankan prestasi pemerintah untuk tidak impor beras selama tiga tahun terakhir,” katanya.

Baca juga: Atasi Lonjakan Harga Minyak Goreng, Disdagperin Boyolali Gandeng Bulog

Selain menjaga stabilitas harga di tingkat petani, sepanjang 2021, Bulog juga berperan penting dalam menjaga stabilitas harga beras di tingkat konsumen dengan melaksanakan operasi pasar KPSH (ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga).

“Selain untuk memupuk stok sebagai cadangan beras pemerintah, kegiatan penyerapan gabah atau beras petani dalam negeri ini juga menggerakkan perekonomian di tingkat petani, sehingga dapat memulihkan roda perekonomian sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi selama pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya