SOLOPOS.COM - Pembangunan underpass Makamhaji, Sukoharjo (JIBI/SOLOPOS/Ivan Andimuhtarom)

Pembangunan underpass Makamhaji, Sukoharjo (JIBI/SOLOPOS/Ivan Andimuhtarom)

SOLO — Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad, mengatakan empat underpass siap dibangun di Kota Solo. Empat underpass tersebut direncanakan selesai pada 2016 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Empat underpass yang akan dibangun tersebut diantaranya di perlintasan kereta api Purwosari, Pasar Nongko, Badran dan Viaduk Gilingan. Menurutnya pembangunan akan dimulai pada 2013 mendatang, yang diawali dari underpass Purwosari. Pembangunan tersebut saat ini masih menunggu perintah dari Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Menurut Yosca, pembangunan underpass tersebut akan dilakukan bertahap selama empat tahun. Dilakukannya pembangunan bertahap agar tidak terjadi penumpukan kendaraan yang melintas di Kota Solo. Selain itu pembangunan pertama juga menunggu selesainnya pembangunan underpass Makam Haji.

“Kita tunggu Makamhaji selesai, efek pembangunan di Makamhaji sangat terasa bagi lalu-lintas Kota Solo. Banyak kendaraan yang masuk ke Kota Solo dan menyebabkan kemacetan yang luar biasa. Underpass sangat penting keberadaannya karena saat ini PT Kereta Api Indonesia (KAI)  terus menambah rangkaian kereta yang tentunya semakin membuat macet lalu-lintas ,” Ujar Yosca.

Mengenai anggaran untuk pembangunan underpass tersebut, Yosca, mengatakan setidaknya diperlukan dana Rp30 miliar untuk satu buah underpass. Sehingga diperkirakan dana untuk pembangunan tersebut mencapai Rp120 miliar.

Menanggapi hal tersebut beberapa pengguna jalan yang melintasi Kota Solo, mengaku senang dengan rencana pembangunan underpass tersebut. Menurut mereka pembangunan itu bisa menjadi solusi yang baik untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya