SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA—Seluruh Puskesmas di Kota Jogja ditarget meraih standar pelayanan ISO 9001:2008 dalam jangka waktu dua tahun ke depan.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

“Pada 2014 kami target semua Puskesmas berstandar ISO (Internastional Organization for Standardization),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja, Tuty Setyowati, Selasa (26/6).

Ekspedisi Mudik 2024

Tuty mengatakan, target itu akan ditempuh secara bertahap. Saat ini dari 18 Puskesmas yang ada di Kota Jogja, baru tiga puskesmas yang telah berstandar ISO, yakni Puskesmas Umbulharjo II, Mantrijeron dan Jetis.

Pada 2013, akan ditambah dua puskesmas lagi untuk mendapatkan standar ISO, yakni Puskesmas Wirobrajan dan Umbulharjo I.

Standar yang harus dipenuhi Puskesmas untuk mendapatkan ISO menyangkut pelayanan medis, operasional sampai petugas front office yang kesehariannya berhubungan langsung dengan pendaftaran pasien. Standar ISO itu, kata Tuty, dapat mengurangi komplain dari masyarakat.

Tuty mengatakan, untuk memenuhi standarisasi itu, pihaknya akan mengusulkan anggaran ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Jogja pada 2013, masing-masing untuk pendampingan Puskesmas Rp49 juta yang bekerjasama dengan UGM Jogja dan pendaftaran ISO sebesar Rp120 juta.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya