SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi. (dok Solopos)

KLATEN--Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menganggarkan dana senilai Rp29,3 miliar untuk membangun jalan dan jembatan yang rusak pada 2012 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Klaten 2012 yang dicermati Espos, Kamis (29/12/2011), anggaran senilai Rp29,3 miliar itu digunakan untuk membangun jalan dan jembatan yang tersebar di Klaten.

Dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat senilai sekitar Rp23 miliar. Sisanya berasal dari dana alokasi khusus (DAK), dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT), dan sisa lebih penghitungan anggaran (Silpa) APBD 2011, dan bantuan gubernur.

“Dana itu sebagian besar digunakan untuk pembangunan jalan yang rusak baik antarkabupaten, kecamatan, maupun antardesa,” terang Kepala DPU Klaten, Tajudin Akbar.

Beberapa jalan yang akan diperbaiki itu meliputi jalan yang menghubungkan Gondang-Basin-Mipitan yang menelan dana Rp2 miliar, jalan Karangnongko-Pluneng senilai Rp1 miliar, jalan Sorogaten-Mundu senilai Rp1,5 miliar, jalan Meranggen-Beteng senilai Rp1,2 miliar, jalan Cawas-Pokisan-Posis senilai Rp1,7 miliar, jalan Karangdowo-Karangjoho senilai Rp2,5 miliar, jalan Desa Mlese, Kecamatan Cawas senilai Rp1 miliar, jalan Wonosari-Bolali senilai Rp1 miliar, dan pembangunan sejumlah jalan yang menelan anggaran di bawah Rp1 miliar lainnya.

Sementara beberapa jembatan yang dibangun pada 2012 antara lain Jembatan Berambang senilai Rp1,3 miliar, Jembatan Kalikebo senilai Rp1 miliar, dan lain-lain.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya