[x] close
20 Orang Sekampung Positif Covid-19, Lurah Sumber Solo: Tak Ada Lockdown
Solopos.com|soloraya

20 Orang Sekampung Positif Covid-19, Lurah Sumber Solo: Tak Ada Lockdown

Wilayah kampung di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, yang terdapat 20 orang positif Covid-19 tidak di-lockdown, akses jalan tetap dibuka.

Solopos.com, SOLO -- Plt Lurah Sumber, Banjarsari, Solo, Supyanto, menegaskan tidak ada lockdown atau karantina wilayah di kampung yang 20 warganya terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu mengingat seluruh warga yang terkonfirmasi positif sudah dibawa ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Kecuali satu orang yang dirawat di RST Slamet Riyadi karena bergejala.

“Sebanyak 19 orang sudah karantina di Donohudan supaya tidak terjadi persebaran, satunya di RS, sehingga total 20 orang. Kami lokalisir penduduknya sejumlah yang ada di situ sekitar 50 orang," ujar Supyanto kepada Solopos.com, Minggu (16/5/2021).

Baca Juga: 20 Warga Satu Lingkungan Positif Covid-19, Satgas Solo: Waspada Klaster Kumpul Keluarga!

Supyanto mengatakan akses keluar masuk wilayah dengan 20 warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumber, Solo, itu tidak ditutup. Hanya, warga yang dilokalisir tidak bisa sembarangan keluar masuk. Kebutuhan logistik mereka dipenuhi oleh pemerintah kelurahan.

"Tidak ada lockdown, akses tetap dibuka. Tetapi ada petugas dan karang taruna yang memantau. Logistik kami pastikan aman," katanya seperti dikutip detikcom, Minggu.

Baca Juga: Puluhan Pedagang & Pengunjung Pasar Klithikan Notoharjo Solo Dites Antigen, Ini Hasilnya

Salat Idulfitri

Saat Lebaran kemarin, menurut Supyanto, warga tidak boleh Salat Idulfitri di masjid melainkan di rumah masing-masing. "Di situ kan ada tiga gang. Aktivitas masjid ditiadakan, hanya azan untuk panggilan salat,” jelasnya.

Informasi yang diperoleh Solopos.com, 20 warga dalam satu lingkungan Kelurahan Sumber, Solo, itu terkonfirmasi positif Covid-19 pada Rabu (12/5/2021) atau tepat sehari sebelum Lebaran. Hari itu juga sebanyak 19 orang yang tanpa gejala dibawa ke Asrama Haji Donohudan.

Baca Juga: Pemuda Laweyan Terciduk Bawa Ciu Saat Lewat di Pospam Banyuanyar Solo

Sedangkan satu orang yang bergejala dirawat di RST Slamet Riyadi Solo. Sebelumnya, pada Jumat (14/5/2021), sukarelawan dari Muhammadiyah Covid-19 Command Center PDM Solo sudah melakukan penyemprotan disinfektan di kampung wilayah Sumber tersebut.

Sementara itu, menanggapi adanya 20  warga sekampung di Kelurahan Sumber yang positif corona, Satgas Penanganan Covid-19 Solo meminta warga mewaspadai munculnya klaster penularan Covid-19 dari acara kumpul keluarga saat Lebaran.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago