SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Sekitar 20.000 tenaga kesehatan di Jawa Tengah telah vaksinisasi virus corona. Tercatat Semarangpos.com—grup Solopos.com, hingga Minggu (24/1/2021), sudah 19.928 nakes Jateng yang disuntik vaksin Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, menyebut nakes yang telah disuntik vaksin itu merupakan nakes yang menjadi sasaran vaksinasi tahap pertama di Jateng. Penyuntikan vaksin Covid-19 yang dilakukan di Jateng sementara difokuskan di tiga kabupaten/kota, yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Total sasarannya di tiga kabupaten/kota itu adalah 32.973 nakes,” ujar Yulianto saat menggelar jumpa pers secara virtual, Minggu siang.

Baca Juga: Film Animasi Siswa SMK RUS Berprestasi Internasional

Yulianto menambahkan dari 19.928 nakes yang telah menerima vaksin jenis Sinovac itu, paling banyak berada di Kota Semarang. Dari 18.236 nakes di Kota Semarang yang menjadi sasaran vaksinasi tahap pertama di Jateng, sekitar 17.317 sudah melakukan pendaftaran untuk menerima vaksin. Namun, dari jumlah itu baru sekitar 47,66% atau sekitar 9.642 orang telah disuntik vaksin.

Sementara untuk Kota Solo, ada sekitar 10.725 nakes yang menjadi sasaran vaksinasi. Dari jumlah itu, yang telah mendaftar melalui aplikasi online mencapai 10.353 orang, namun baru 62,33% atau sekitar 7.709 orang yang telah disuntik vaksin.

Sedangkan di Kabupaten Semarang, dari 4.022 nakes yang menjadi sasaran vaksinasi, baru 3.919 orang yang melakukan pendaftaran dan 2.577 orang yang telah menerima vaksin.

Baca Juga: Pria Jadi Korban Begal Payudara, Malah Viral di Medsos…

Yulianto berharap nakes yang belum menerima vaksin agar segera melakukan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang melayani.

Percepatan

Hal itu dilakukan demi mewujudkan target Jateng dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19. “Harapan kita tanggal 28 Januari nanti, nakes di tiga daerah yang menerima vaksin tahap pertama itu sudah mendapatkan suntikan yang kedua. Target kita, Februari nanti seluruh vaksin di Jateng sudah divaksin,” ujar Yulianto.

Yulianto menambahkan tiga daerah, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo memang mendapat jatah vaksin lebih awal dibanding 32 kabupaten/kota lainnya di Jateng.

Baca Juga: Iklim Tropis Indonesia Jadi Inspirasi GVFI Rilis Alter Vision

Mereka mendapat jatah vaksin yang dikirimkan pada 4 Januari lalu, yakni sebanyak 62.560 dosis.

Sementara itu, pada Sabtu (23/1/2021), Jateng juga menerima vaksin jenis Sinovac dari Kementerian Kesehatan. Jumlahnya mencapai 248.600 vial atau dosis, yang diperuuntukkan untuk 122.617 nakes di 32 kabupaten/kota.

“Dari 32 kabupaten/kota itu hanya satu yang tidak akan melakukan pencanangan vaksinasi serentak pada Senin [25/1/2021] nanti. Daerah itu adalah Wonogiri, yang akan melaksanakan pencanangan vaksinasi pada 26 Januari [Selasa],” jelas Yulianto.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya