SOLOPOS.COM - Petugas medis mengawasi hasil CT scan pasien virus corona di distrik Qingshan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, 8 Februari 2020. (Reuters/China Daily)

Solopos.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengumumkan WNI positif terjangkit virus corona. Menkes menyebut warga yang terinfensi berasal dari Depok.

Menkes Terawan mengatakan, dua orang warga Indonesia yang positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19 kini sudah ditangani di RS Sulianti Saroso Jakarta Utara. Kedua warga tersebut, diketahui adalah orang Depok, Jawa Barat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengatakan, kedua warga tersebut baru diketahui dan terdeteksi pada 1 Maret 2020. Setelah itu, jelas dia, dilakukan pemeriksaan. "Kalau enggak close kontak, itu berbeda. Dibandingkan kita mengacu. Karena tidak mungkin," katanya sebagaimana ditayangkan Kompas TV, Senin (2/3/2020).

Menkes Terawan: 2 WNI Positif Corona di Indonesia Hanya Batuk Pilek

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, Jokowi di Istana Negara menyebut dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang yang sempat masuk ke wilayah Indonesia.

"Ternyata orang [WN Jepang] yang terkena virus corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi di Istana Negara, Senin (2/3/2020).

Jokowi Konfirmasi 2 WNI Terinfeksi Virus Corona di Indonesia

"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," ujar Jokowi.

Diberitakan Bersama, Minggu (1/3/2020), WN Jepang berusia 41 tahun dikabarkan sempat melakukan perjalanan ke Indonesia.

WN Jepang tersebut adalah wanita yang sedang bekerja di Malaysia. Sebelum dinyatakan positif terinfeksi COVID-19, ia juga disebut sempat melakukan perjalanan ke Indonesia.

Solopos Hari Ini: Tak Remehkan Ancaman Corona

Direktur Jenderal Kesehatan Dr Noor Hisham Abdullah menjelaskan wanita berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia ini mengunjungi Jepang pada bulan Januari kemudian ke Indonesia pada awal Februari lalu.

Meski begitu belum ada informasi lebih lanjut terkait tanggal dan detail riwayat perjalanan WN Jepang tersebut selama ke Indonesia maupun Jepang.

Gara-Gara Virus Corona, WHO Bikin Akun Tiktok

"Dia mengalami gejala demam dan menerima perawatan pada 17 Februari 2020. Dia dirawat di rumah sakit swasta pada 20 Februari 2020," jelas Dr Noor dikutip dari Malaymail, Minggu (1/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya