SOLOPOS.COM - RSUD Dr. Moewardi Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO -- Dua warga yang mengalami gejala mirip virus corona di Solo diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi. Gejala (demam dan batuk) tersebut muncul seusai berpergian jauh tetapi bukan luar negeri.

Dua pasien yang mengalami gejala mirip virus corona di Solo itu belum bisa dipastikan negatif atau positif terjangkit virus corona. Maka dari itu, pihak RSUD dr. Moewardi Solo memutuskan mengisolasi keduanya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

"Memang saat ini kita merawat dua pasien diisolasi. Tapi kami belum bisa mengatakan itu positif atau negatif," ujar Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas RS dr. Moewardi Solo, Eko Haryati kepada Detik.com, Senin (9/3/2020).

Lantaran virus corona sudah masuk Indonesia, ia mengatakan pihaknya tidak berpatokan dengan riwayat pasien berpergian ke luar negeri.

Ekspedisi Mudik 2024

Polisi Sidoarjo Ungkap Kasus Pengemasan Ulang Masker Ilegal Asal China

"Mereka baru pulang dari berpergian ke luar provinsi. Karena sekarang virus corona sudah masuk ke Indonesia. Jadi, tak ada patokan harus pergi ke luar negeri," imbuhnya.

Untuk memastikan kedua warga Solo tersebut terjangkit virus corona atau tidak, pihak RSUD dr. Moewardi telah mengirimkan sampel swab tenggorokan ke Kementerian Kesehatan.

Loker Semarang, Solo, Madiun, Jogja dan Karanganyar di PT Rosalia Indah Group

"Swab sudah dilakukan kemarin malam. Itu pemeriksaan pertama. Hari ini kami kirim ke Jakarta dan kami tunggu hasilnya," pungkasnya.

Virus Corona di Indonesia

Di Indonesia, pasien yang telah dinyatakan terjangkit virus corona berjumlah enam orang. Dua di antaranya baru saja diumumkan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto pada Minggu (8/3/2020).

Sah! Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Dibatalkan

"Dua positif. Kasus 05, laki-laki 55 tahun dari tracking klaster Jakarta. Kedua confirm kasus Covid, kasus 06 laki-laki 36 tahun merupakan imported case yang didapatkan saat bekerja sebagai ABK di Diamond Princess," ujar Achmad Yurianto sebagaimana diinfokan Liputan6.com, Minggu (8/3/2020).

Dua pasien tersebut dalam kondisi stabil, tidak demam, batuk maupun pilek sehingga tak membutuhkan oksigen.

Revisi, Ini Jadwal Baru Libur dan Cuti Bersama 2020

Sementara itu, empat pasien positif virus corona lainnya dalam kondisi membaik.

"Empat positif kondisinya makin baik, pasien 1 dan 2 sudah tidak panas, tinggal tunggu hasil laboratorium," tambahnya.

Kabar Terbaru Seputar Virus Corona di Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya