top ear
Ilustrasi virus corona. (Freepik.com)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi virus corona. (Freepik.com)

2 Warga Positif Corona, Begini Respons Camat Kartasura Sukoharjo

Pemerintah Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, merespons cepat adanya dua warga setempat yang terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19, Kamis.
Diterbitkan Kamis, 9/04/2020 - 21:53 WIB
oleh Solopos.com/R Bony Eko Wicaksono
2 menit baca

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pemerintah Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, merespons cepat adanya dua warga setempat yang terkonfirmasi positif virus corona atau Covid-19, Kamis (9/4/2020).

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kartasura langsung meminta pemerintah desa hingga ketua rukun tetangga dioptimalkan untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Maki Satpol PP di Medsos Usai Razia Warung, Pemuda Solo Minta Maaf

Camat Kartasura, Suyadi, meminta agar para kepala desa dan lurah menerapkan protokoler kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Apabila ada masyarakat yang mengalami demam disertai batuk dan pilek diminta segera periksa ke puskesmas dan rumah sakit.

Warga dengan gejala tersebut juga diminta melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Dampak Covid-19 Karanganyar: 44 Buruh Kena PHK, 1.415 Lainnya Dirumahkan

Untuk mencegah agar tidak ada lagi warga Kartasura, Sukoharjo, yang positif terjangkit virus corona, Suyadi berencana melakukan penyemprotan disinfektan.

"Besok pagi [Jumat, 10/4/2020] kami akan melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah Desa Pucangan bersama unsur forum komunikasi pimpinan kecamatan [Forkopincam] dan masyarakat," kata dia, Kamis (9/4/2020) malam.

Gejala Baru Positif Virus Corona: Bintik Merah Gatal

Menurut Suyadi, banyak pendatang yang menetap di wilayah Kartasura. Mobilitas masyarakat setempat cukup tinggi lantaran merupakan wilayah perbatasan dengan daerah lain.

Koordinasi Dengan DKK

Karena itu, Suyadi meminta masyarakat benar-benar menerapkan physical distancing atau jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air serta memakai masker untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

Update! 2 Lagi PDP Covid-19 Solo Meninggal Dunia, Pasien Positif Masih 4 Orang

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten [DKK] Sukoharjo untuk upaya pencegahan persebaran virus corona," ujar dia.

Sebagaimana diberitakan, Kartasura, bersama Baki dan Grogol, masuk zona merah persebaran Covid-19 di Sukoharjo. Hal itu setelah ada dua warga Kartasura, Sukoharjo, yang terkonfirmasi positif corona.

Gibran: Tak Ada Politik Selama Corona, Relawan Saya Jadi Relawan Kemanusiaan

Dua warga Kartasura ditambah dua warga Baki membuat jumlah total warga Sukoharjo yang positif Covid-19 jadi enam orang. Dua orang lainnya merupakan warga Grogol di mana salah satunya meninggal dunia.

Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait