SOLOPOS.COM - Ilustrasi ular sanca. (Antara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Petugas pemadam kebakaran atau Damkar Satpol PP Karanganyar di Jawa Tengah mendapatkan dua permintaan mengevakuasi ular dalam satu pekan ini.

Padahal, biasanya Damkar Satpol PP Karanganyar jarang mendapatkan permintaan mengevakuasi ular dalam satu pekan. Kasi Pencegahan dan Inspeksi Satpol PP Karanganyar, Aris Indriyanto, mengatakan permintaan evakuasi ular meningkat sejak akhir bulan lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam sepekan ini, dia mengatakan petugas sudah nengevakuasi dua ular di dalam rumah warga. “Terakhir kami mengevakusi ular yang masuk rumah warga di Popongan. Jenis ular yang dievakuasi berbisa,” katanya.

Aris menyampaikan ular mencari mangsa, salah satunya tikus. Kondisi ini membuat ular masuk ke area permukiman. “Musim penghujan kemarin menjadi waktu bagi ular menetas. Sekarang sudah musim kemarau ular-ular itu banyak yang mencari mangsa,” kata dia, Minggu (7/8/2022).

Guna mencegah agar ular tidak masuk rumah, Aris meminta warga menjaga kebersihan terutama di dalam rumah. Hal ini agar hewan yang menjadi sumber makanan ular, seperti tikus, katak, dan lain-lain tidak masuk rumah.

Baca Juga : Bocah Karanganyar Meninggal Digigit Ular, Ini Cara Pertolongan Pertama

Hewan tersebut biasanya memakan sisa makanan lalu mengundang ular untuk masuk rumah dan memburu hewan itu. “Musnahkan atau bersihkan barang yang membuat nyaman ular bersembunyi, seperti tumpukan kayu, barang-barang bekas di tempat yang lembab dan gelap,” imbuhnya.

Kemudian, ia juga meminta warga membersihkan sekitar rumah, seperti rerumputan dan tumbuhan yang rimbun. Ia mengimbau warga menyemprotkan pewangi ruangan di dalam rumah untuk menghindari ular masuk ke rumah.

Selain itu, bisa juga menaruh kapur barus di depan pintu gerbang atau pewangi yang lain. Menurut dia ular tidak suka bau menyengat, seperti pewangi dan kapur barus.

Ia mengimbau warga agar segera meminta bantuan atau melapor ke Damkar Karanganyar 0271 495113 apabila menemui ular di rumah maupun di lingkungan sekitar. Petugas akan melakukan penanganan dengan penangkapan. “Jangan bertindak sendiri karena membahayakan.”

Baca Juga : 2 Bulan Damkar Karanganyar Tangani 10 Laporan Ular Masuk Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya