SOLOPOS.COM - Sepeda motor pemudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta sudah dibongkar di Terminal Tirtonadi, Solo, Rabu (27/4/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Dua truk yang mengangkut sepeda motor milik para pemudik dalam program Mudik Gratis Lebaran 2022 sudah tiga di Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (27/4/2022). Sepeda motor itu langsung diturunkan dan ditata rapi di rooftop terminal.

Dua truk pengangkut sepeda motor itu berasal dari Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan bus yang mengangkut pemudik pemilik sepeda motor itu dijadwalkan akan tiba pada Kamis (28/4/2022). Kepala Terminal Tirtonadi Joko Sutriyanto menjelaskan sirkulasi mudik gratis di Terminal Tirtonadi terus dijaga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tujuannya agar tidak mengganggu penumpang reguler ataupun pemudik yang datang ke Terminal Tirtonadi. “Untuk Mudik Gratis dari Kemenhub, ada tujuh truk dan 70 bus. Sedangkan dari Provinsi DKI Jakarta ada empat truk dan 55 bus,” ujar Joko kepada Solopos.com, Rabu.

Joko membenarkan baru dua truk pengangkut sepeda motor yang datang dari DKI. Sedangkan truk dari Kemenhub baru berangkat dari Jakarta, Rabu, dan kemungkinan tiba pada Kamis pagi.

Pengelola Terminal Tirtonadi terus mengupayakan agar kedatangan truk maupun bus Mudik Gratis Lebaran 2022 di Terminal Tirtonadi Solo berjalan teratur. Cara yang dilakukan adalah dengan memberi jeda antara truk pengangkut sepeda motor dan bus pengangkut penumpang.

Baca Juga: Pemkot Solo Sediakan Layanan Bus Mudik Gratis, Segini Kuotanya

“Ini memang kami koordinasikan agar kedatangannya tidak bersamaan, ada jeda supaya lebih aman, sampai di terminal tidak bersamaan, ada jeda. Ketika truk datang datang sepeda motor kami bongkar, diangkut di atas [rooftop], truk keluar,” ujar Joko.

Jarak antarprogram mudik gratis juga diberikan jeda satu hari agar tidak terjadi penumpukan. “Kami jeda satu hari, hari ini truk, besok bus penumpang supaya sirkulasinya lancar, pun untuk DKI dan Kemenhub. Untuk bus penumpang juga kami jeda ada yang berangkat pagi ada yang berangkat sore. Jadi dimeminimalkan agar di jalan tidak bersamaan,” tambah Joko.

113 Bus Angkut Pemudik

Secara terperinci, Joko Supriyanto menjelaskan Mudik Gratis Lebaran 2022 yang menuju Terminal Tirtonadi Solo. Menurutnya, akan ada sekitar 113 bus dan 11 truk pengangkut sepeda motor pemudik dengan tujuan Terminal Tirtonadi.

Baca Juga: Dishub Solo Sebut Bus Mudik Gratis Bisa Picu Masalah Lalin, Solusinya?

Joko menjelaskan dari Kemenhub akan ada 70 bus dan tujuh truk yang mengangkut sekitar 2.800 pemudik dan 210 sepeda motor. Keberangkatan dilakukan dua tahap yakni 28 April dan 29 April. Untuk 28 April, bus berangkat dari Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Baranangsiang Bogor.

Sedangkan untuk 29 April bus berangkat dari Terminal Pulogebang dan Terminal Kampung Rambutan. “Satu truk mengangkut 30 sepeda motor,” lanjut Joko.

Untuk Mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta, Joko menyebut akan ada 40 bus dan empat unit truk yang mengangkut 1.600 pemudik dan 120 sepeda motor. “Berangkatnya serentak pada 27 April 2022 melalui Terminal Pulogebang,” imbuh Joko.

Baca Juga: Ini 3 Program Mudik Gratis 2022 ke Solo, Lengkap Syarat dan Cara Daftar

Di sisi lain, untuk Mudik Gratis yang diselenggarakan Provinsi Jawa Tengah rencananya ada tiga bus yang disiapkan. “Dari Jawa Tengah tanpa truk, berangkat 28 April. Kami sudah siap menyambut mudik gratis tahun ini, tanpa mengganggu sirkulasi bus reguler di Terminal Tirtonadi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya