top ear
2 Tahun Belum Dapat Kerja, Romansa Bawa 10 Lamaran ke Job Fair
  • SOLOPOS.COM
    Pencari kerja mengunjungi stan lowongan pekerjaan di Unisri Solo Job Fair IV 2019 di Auditorium Unisri SOlo, Kamis (2/5/2019) (M. Ferri Setiawan)

2 Tahun Belum Dapat Kerja, Romansa Bawa 10 Lamaran ke Job Fair

Romansa, lulusan Prodi Akuntasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, membawa 10 surat lamaran kerja ke Unisri Solo Job Fair IV 2019. Sejak diwisuda pada 2017 lalu, dia belum mendapat pekerjaan.
Diterbitkan Sabtu, 4/05/2019 - 05:00 WIB
oleh Solopos.com/Newswire
2 mnt baca -

Solopos.com, SOLO — Romansa, lulusan Prodi Akuntasi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, membawa 10 surat lamaran kerja ke Unisri Solo Job Fair IV 2019. Sejak diwisuda pada 2017 lalu, dia belum mendapat pekerjaan.

Romansa Prawito duduk lesehan di depan Gedung Auditorium Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Kamis (2/5/2019). Di hadapannya ada beberapa lembar surat lamaran kerja yang sudah ia siapkan.

Surat surat lamaran kerja dilengkapi dengan lembar curriculum vitae, pas foto ukuran 4 cm x 6 cm, salinan kartu tanda penduduk (KTP), salinan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI), serta salinan sertifikat pendukung lain. Setidaknya ada 10 bendel surat lamaran yang dibawa Romansa siang itu dari Jaten, Karanganyar.

Romansa merupakan salah satu pencari kerja di acara Unisri Solo Job Fair IV 2019 yang diadakan kampus tersebut pada Kamis-Jumat (2-3/5/2019). “Saya ingin melamar kerja di setidaknya 10 perusahaan di job fair ini,” ungkap Romansa saat ditemui Solopos.com di sela-sela job fair, Kamis.

Pandangan mata lulusan Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang itu tertuju pada antrean panjang. Terlihat ratusan orang yang mulai mengantre masuk dari depan pintu masuk auditorium.

Romansa yang diwisuda pada 2017 lalu itu berniat melamar kerja lewat job fair yang diselenggarakan Unisri Solo. Sebelum mengikuti job fair, dia harus mendaftarkan diri secara online. Mereka yang sudah melakukan registrasi akan mendapatkan tiket masuk berupa stempel.

Job fair ini gratis, tapi memang harus mendaftar lebih dahulu,” ujar dia.

Ia berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan. Unisri Job Fair kali ini menghadirkan 35 perusahaan, antara lain PT Aditya Agroindo (Kelapa Sawit), Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), PT Asuransi Jiwasraya Persero, Permodalan Nasional Madani Persero, Bank Mega, Bank CIMB Niaga, PT BRI Life, Ruang Guru, dan masih banyak lagi lainnya.

“Semoga saya dapat diterima di salah satu perusahaan. Minimal di sektor perbankan dan sektor manufaktur. Posisi yang saya lamar ya sesuai dengan yang ditawarkan dan sesuai jurusan saya, akuntansi,” terang dia.

Wakil Rektor (WR) Bidang III Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Sutoyo, mengatakan Unisri Solo Job Fair diperuntukkan lulusan SMA/K, S1, dan D3 saja.

Tahun ini ada 35 perusahaan nasional maupun internasional yang ikut. “Saya menargetkan 3.000-an pengunjung. Terbukti pada hari pertama ada 1.200 pengunjung yang datang. Tinggi atau tidaknya jumah pengunjung dalam acara Unisri Solo Job Fair bergantung pada perusahaannya. Antusiasme pengunjung tahun ini diharapkan sama seperti tahun lalu, mencapai 3000-an pengunjung dalam waktu dua hari,” ujar dia.

Sebanyak 35 perusahaan yang mengikuti Unisri Solo Job Fair IV ini sebelumnya telah diseleksi lebih dulu oleh Unisri. “Unisri memfasilitasi 35 stan perusahan sebagai tempat bertemunya mereka dengan pencari kerja. Kami juga menyediakan tempat untuk wawancara sebagai tindak lanjut tahap perekrutan perusahaan,” ujarnya.


Editor : Avatar ,
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com
Kata Kunci :

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya