SOLOPOS.COM - Sepeda motor dan sepeda ontel hangus terbakar di Dukuh Kacangan, Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali, pada Jumat (10/6/2022). (Istimewa-Damkar Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Kebakaran yang terjadi di Dukuh Kacangan RT 04/RW 01, Desa Kacangan, Kecamatan Andong, Boyolali, pada Jumat (10/6/2022), memicu kerugian material senilai Rp90 juta. Dalam kejadian itu, dua rumah milik Gimin dan Sulistyono serta sejumlah kendaraan mulai sepeda onthel hingga mobil hangus dilalap si jago merah.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com dari kepolisian, Sabtu (11/6/2022), kebakaran di Kacangan, Andong, melalap tiga sepeda motor yakni Suzuki Shooter kendaraan dinas milik pemerintah desa Kacangan Nopol AD-9603-JD, Honda Supra Nopol AD-4068-LN milik Amir Pitondang, warga Dk. Pelemrenteng, Kacangan, Andong, Boyolali, serta Honda Mega Pro Nopol B-6381-KFR milik Jasmo, warga Dk. Putat, Pelemrejo, Andong.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Api juga menghanguskan satu unit mobil Toyota Avanza tahun 2008 Nopol AD-8955-NM milik Gimin, warga Kacangan, Desa Kacangan, Andong, Boyolali. Benda lainnya yang ikut terbakar adalah sebagian atap rumah, 1 sepeda ontel dan 2 mesin jahit milik Sulistyono, warga setempat

“Sehingga total kerugian material yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut sekitar kurang lebih Rp90 juta,” ungkap Kasi Humas Polres, AKP Dalmadi, saat dimintai konfirmasi, Sabtu.

Sementara terkait kronologi kebakaran sebagai berikut. Dia menjelaskan awalnya pada Jumat sekitar pukul 15.50 WIB, Gimin sedang berada di depan rumahnya di Kacangan. Tidak lama kemudian datang seorang laki-laki hendak membeli bensin di Pertamini miliknya. Saat hendak mendekati Pertamini untuk melayani pembeli, tiba-tiba Gimin mendengar suara “Wuug” dari arah utara.

Baca juga: 2 Rumah dan 5 Kendaraan Terbakar di Andong Boyolali, Ini Foto-Fotonya

Seketika Gimin menoleh dan melihat kobaran api membakar sepeda motor yang sedang terparkir di pinggir jalan. Gimin lalu berlari ke arah mobil Avanza yang terparkir tepat di depan sepeda motor yang terbakar tersebut dan berniat memindahkannya. Gimin sempat masuk ke dalam mobil dan berusaha menghidupkannya namun tidak berhasil.

Tangan Melepuh

Nahas, api semakin membesar dan dengan cepat merembet ke mobil hingga Gimin mengalami luka bakar di kaki kiri dan tangan melepuh. Gimin berhasil keluar dari dalam mobil, tapi api semakin membesar hingga merembet ke sebagian rumah warga bagian depan.

kebakaran boyolali
Mobil Toyota Avanza AD-8955-NM ikut terbakar dalma kebakaran di Kacangan, Andong. Boyolali, Jumat (10/6/2022). (Istimewa-Damkar Boyolali)

Warga yang mengetahui kejadian berdatangan dan ikut membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Salah seorang warga kemudian menghubungi Sulistyono dan memberitahukan jika rumahnya terbakar. Saat itu Sulistyono pergi main voli di wilayah Nogosari bersama perangkat desa yang lain dan berangkat menggunakan mobil. Sedangkan sepeda motor perangkat desa yang diparkir di depan rumahnya ikut terbakar.

Baca juga: 2 Rumah dan 5 Kendaraan Terbakar di Andong Boyolali, Ini Foto-Fotonya

Setelah mendapat laporan terkait kejadian itu, petugas piket SPKT Polsek Andong, unit reskrim yang dipimpin Kapolsek Andong AKP Agung Widodo disusul mobil Damkar datang ke lokasi dan langsung memadamkan api dibantu oleh warga sekitar.

“Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran tersebut disebabkan karena konsleting kelistrikan pada salah satu kendaraan roda dua,” kata AKP Dalmadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya