[x] close
2 Pejabat di Karanganyar Positif Covid-19, 1 Sudah Divaksin
Solopos.com|soloraya

2 Pejabat di Karanganyar Positif Covid-19, 1 Sudah Divaksin

Dua pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar dan Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar terkonfirmasi positif Covid-19.

Solopos.com, KARANGANYAR — Dua pejabat di lingkungan Pemkab Karanganyar dan Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar terkonfirmasi positif Covid-19.

Data yang dihimpun Solopos.com, pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Kabupaten Karanganyar, Martadi. Bupati Karanganyar, Juliyatmono, membenarkan informasi tersebut.

“Kemarin izin karena reaktif terus [isolasi mandiri] isoman. Coba langsung tanya [kepada yang bersangkutan] dong,” kata Bupati saat berbincang dengan Solopos.com melalui pesan aplikasi WhatsApp, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Sule Buka Suara Soal Isu Perselingkuhan dan Nasib Rumah Tangganya

Solopos.com berupaya mengonfirmasi kepada Martadi melalui pesan aplikasi WhatsApp. Martadi tidak membenarkan maupun menampik perihal kondisinya saat ini. Dia hanya mengamini saat Solopos.com mendoakan kesembuhannya.

Aamiin,” balasnya.

Dihubungi secara terpisah, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menyampaikan Martadi terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (17/4/2021). Martadi menjalani tes swab PCR Covid-19 pada Jumat (16/4/2021).

“Saat ini isolasi mandiri karena tanpa gejala. Dari situ kami lacak 18 orang [di kantor Disdagnakerkop dan UKM]. Hasilnya tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka juga isolasi mandiri. Lalu kami lanjutkan pelacakan dari tiga orang itu. Ada empat orang kontak erat sudah kami tes swab PCR Covid-19 hari ini [Kamis],” jelas dia.

Baca juga: Tak Hanya Cantik, "Kartini-Kartini" Sopir Bus Wonogiri-Jakarta Ini Juga Pantang Menyerah

Purwati menyampaikan kantor Disdagnakerkop dan UKM sudah disemprot disinfektan. Tetapi, kantor tidak ditutup sementara. Martadi sudah mendapatkan vaksin Covid-19 sebanyak dua dosis beberapa waktu lalu. Purwati membenarkan hal itu, tetapi dia tidak dapat mengingat kapan vaksinasi terhadap Martadi.

“Sudah lama. Seingat saya saat interval [dosis satu ke dosis dua] 14 hari. Bareng dengan beberapa kepala dinas lain,” ungkapnya.

Selain Martadi, istrinya pun terkonfirmasi positif Covid-19. Istri Martadi menjabat Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar, Susamti. Purwati menyampaikan Susamti mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit di Karanganyar.

“Istrinya sudah terpapar [Covid-19] lebih dulu. Dia bergejala makanya dirawat di rumah sakit. Kalau penuturan istrinya, hanya rapat di Kota Solo,” katanya.

Baca juga: Tim Gabungan Setop Mobil Berpelat Luar Daerah di Prambanan Klaten

Dinkes Karanganyar melacak kontak erat di Sekretariat DPRD Kabupaten Karanyanyar sebanyak 35 orang. Meraka sudah mendapatkan tes swab PCR Covid-19. Hasilnya tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Dari situ kami lacak lagi ada 17 orang kontak erat. Sudah kami swab PCR hari ini [Kamis]. Kantor [Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar] juga tidak ditutup. Kan ada mekanisme WFH dan lain-lain,” tutur dia.

Berbeda dengan Martadi, Purwati menyebut bahwa istri Martadi itu belum mendapatkan vaksin Covid-19. Purwati mengimbau masyarakat yang sudah mendapatka vaksin agar tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Begini, semua itu kalaupun sudah divaksin masih tetap bisa terpapar. Cuma kalau bergejala ya tidak berat. Atau ada kemungkinan tidak bergejala. Kan vaksin hanya untuk antibodi saja. Jadi masih bisa terpapar. Walaupun sudah divaksin tetap harus protokol kesehatan, sama dengan yang belum [vaksin Covid-19].”

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago