SOLOPOS.COM - Tim Satgas Covid-19 Bareng Lor, Klaten Utara saat melakukan tracing dan penempelan stiker isoman di wilayahnya, Selasa (15/2/2022). Warga di Bareng Lor yang terpapar virus corona kurang lebih mencapai tujuh orang. (Istimewa/Dokumentasi Kelurahan Bareng Lor)

Solopos.com, KLATEN — Pegawai Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terpapar Covid-19 sehingga kantor ditutup sementara hingga Jumat (18/2/2022).

Kantor Kelurahan Bareng Lor akan kembali beroperasi pada Senin (21/2/2022). Informasi yang dihimpun Solopos.com, penutupan kantor disebabkan dua pegawai terpapar Corona. Kasus itu bermula dari satu pegawai, YS, 56, terpapar Covid-19 sekitar satu pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

YS terpapar Corona diduga karena suamianya sudah terpapar Covid-19 terlebih dahulu. Selanjutnya, YS diwajibkan menjalani isolasi mandiri (isoman). YS dikenal energik dan menjadi salah satu pegawai yang terdepan saat melakukan tracing kepada warga.

Baca Juga : Klaten Tetap Berlakukan PTM 50 Persen, Ini Alasannya

Selanjutnya, seorang tenaga harian lepas (THL) Kelurahan Bareng Lor, JS, 50, ternyata juga terpapar Corona. Semula, JS mengeluhkan badan greges-greges atau tidak enak badan. Tim medis mengecek ternyata hasil swab antigen reaktif Covid-19.

“Begitu ada dua orang di kantor yang terpapar Corona, kami koordinasi dengan Satgas Covid-19 Klaten Utara. Kantor ditutup sementara selama dua hari. Kemarin [Kamis] dan hari ini [Jumat]. Sesuai rencana, kantor akan dibuka kembali, Senin [21/2/2022] mendatang,” kata Lurah Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Suleksi Ekawati, kepada Solopos.com, Jumat (18/2/2022).

Suleksi Ekawati mengatakan penutupan kantor sementara selama dua hari sudah disosialisasikan ke masyarakat Bareng Lor. Selama ditutup, kantor kelurahan rutin disemprot disinfektan sebagai upaya mencegah persebaran kasus Covid-19.

Baca Juga : GOR Gelarsena Klaten Siap Menampung Pasien Covid-19

“Sebanyak delapan pegawai lainnya [yang tak terpapar virus corona] sudah dites swab antigen dengan hasil nonreaktif,” ujarnya.

Beberapa Kali Ditutup

Sebagaimana informasi, Kantor Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara termasuk salah satu kantor yang sering ditutup sementara karena pegawai terpapar Corona. Pada 2021, kantor tersebut pernah ditutup sementara dua kali, yakni Selasa-Rabu (19-20/1/2021) dan Selasa (20/4/2021).

Penutupan kantor pada Selasa (20/4/2021) karena salah seorang THL kebersihan, JS, dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, Jumat (16/4/2021) sore. Sebelumnya, JS telah menjalani tes swab, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga : Setiap Hari Ada Kasus, Sekolah di Klaten Hentikan PTM Terus Bertambah

“Jadi Pak JS ini di tahun kemarin juga pernah terpapar virus corona. Saat sekarang, terpapar lagi,” ujar Suleksi Ekawati.

Di tingkat Kabupaten Klaten, kasus Corona meningkat signifikan. Jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Klaten mencapai 981 kasus hingga Kamis (17/2/2022) pukul 12.00 WIB. Jumlah penambahan kasus dalam sehari, Kamis, mencapai 253 orang. Jumlah pasien Covid-19 yang sembuh mencapai 82 orang dan kasus kematian dua orang.

“Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan [prokes],” ungkap Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya