SOLOPOS.COM - Ilustrasi persiapan vaksinasi (Detik.com-dok.iStock)

Solopos.com, PARIS -- Lebih dari dua miliar suntikan vaksin virus corona (Covid-19) telah diberikan di seluruh dunia, sejauh ini.

Seperti dilansir AFP, Kamis (3/6/2021), data itu merupakan hasil penghitungan yang dilakukan AFP dengan didasarkan pada sumber-sumber resmi berbagai negara.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

Menurut database AFP hingga Kamis (3/6) pagi, setidaknya 2.109.696.022 suntikan vaksin Corona telah diberikan di sebanyak 215 negara dan wilayah. Angka itu dicapai dalam waktu enam bulan sejak program vaksinasi corona pertama dimulai.

Baca juga: 16 Pesawat Militer China Susupi Perbatasan Malaysia

Ekspedisi Mudik 2024

Israel yang memimpin laju vaksinasi corona sejak awal, masih berada di deretan terdepan. Data di Israel menunjukkan nyaris enam dari 10 orang di wilayahnya telah menerima suntikan vaksin corona. Sepenuhnya sudah mendapat dua dosis suntikan.

Kanada menyusul dengan data menunjukkan 59 persen populasinya telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin. Kemudian ada Inggris dengan 58,3 persen populasinya telah menerima suntikan pertama vaksin.

Lalu ada Chile dengan 56,6 persen populasinya telah menerima setidaknya suntikan pertama vaksin corona. Di Amerika Serikat (AS), tercatat sudah 51 persen populasinya telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin.

Penghitungan AFP juga menunjukkan bahwa enam dari 10 suntikan telah diberikan di tiga negara paling padat di dunia. Yakni China dengan 704,8 juta dosis, AS dengan 269,9 juta dosis, dan India dengan 221 juta dosis.

Baca juga: WHO Akhirnya Beri Izin Penggunaan Vaksin Sinovac

Jumlah Kematian

Nyaris empat dari 10 orang di wilayah Uni Eropa dilaporkan telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin Corona. Dengan Jerman mencatat 43,6 persen populasinya telah menerima satu suntikan vaksin.

Kemudian Italia dengan 40 persen populasinya telah menerima satu suntikan vaksin. Lalu Prancis dan Spanyol dengan 39,4 persen populasinya telah menerima satu suntikan.

Disebutkan juga bahwa saat ini hanya ada enam negara di dunia yang sama sekali belum mulai melakukan suntikan vaksin corona. Keenam negara itu adalah Korea Utara (Korut), Haiti, Tanzania, Chad, Burundi dan Eritrea, demikian dikutip Detik.com.

Sementara itu, data penghitungan Johns Hopkins University (JHU) yang menjadi acuan global menunjukkan lebih dari 171 juta kasus corona kini tercatat secara global, dengan lebih dari 3,6 juta kematian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya