2 Menit, Anies Baswedan Yakinkan Dukungan Aksi Iklim ke Sekjen PBB
Solopos.com|news

2 Menit, Anies Baswedan Yakinkan Dukungan Aksi Iklim ke Sekjen PBB

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen menjaga lingkungan dengan berbagai aksi iklim. Bahkan, dalam dua menit, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil meyakinkan dukungan Jakarta terhadap aksi iklim itu kepada Sekjen PBB  Antonio Guterres.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di hadapan Sekjen PBB Antonio Guterres menyampaikan pemerintah ibu kota Indonesia memiliki tugas untuk membangun lingkungan tempat tinggal yang layak huni untik penduduk kotanya. Hal ini termasuk untuk mengatasi dampak perbuahan iklim dengan melakukan berbagai upaya untuk mengurai penciptaan emisi karbon di kota.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Vaksinasi Dilayani Drive Thru?

Berbagai kota secara global telah melakukan upaya ini dengan baik. Anies Baswedan bahkan menuturkan banyak pula yang telah mengalokasikan sebagaian sumber dayanya untuk rencana aksi iklim itu, dan mengimplemntasikan rencana kerjanya dari aspek transportasi, tata bangunan, hingga mempromosikan energi bersih.

"Begitu juga dengan Jakarta. Kami berkomitmen untuk menjadi kota yang berketahanan iklim baik," katanya, Sabtu (17/4/2021).

Pembangunan Berbasis Transportasi

Lagi pula, dia menyampaikan Jakarta sudah bertransformasi dari transportasi berbasis mobil ke transportasi berbasis transit. Jakarta bahkan memimpin dalam hal pembangunan dengan basis transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan.

Kendati demikian, Anies berharap Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dapat lebih aktif mendorong kebijakan aksi iklim di tingkat negara, agar dapat lebih gencar lagi diterapkan di banyak kota di Indonesia. "Terlebih PBB memiliki peran penting dalam mendorong pembungan kota-kota di dunia," sebutnya

Baca Juga: Jokowi-Prabowo Kompak di Nikah Atta-Aurel

Pertama, Anies menuturkan PBB dapat mendorong negara mengakui pencapaian aksi iklimnya pada tingkat kota-kota. Ini pun perlu dihitung dalam bagian national determined contribution (NDC) dari aksi iklim.

Kedua, dalam kapasitas PBB dia berharap organisasi internasional ini mendorong keselarasan dan integrasii kebijakan vertikal serta horizontal di tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Ketiga, Anies menyampaikan dalam menuju konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa Bangsa ke-26, PBB mendorong negara untuk mengembangkan arsitektur pembangunan sekaligus struktur pendanaan yang komprehensif.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago