SOLOPOS.COM - KN Singa Laut, mulai Selasa (3/9/2013), resmi bertugas mengamankan alur laut kepulauan Indonesia dari Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut DKI, hingga Selat Sunda. (bakorkamla.go.id)

Solopos.com,BATAM — Pengamanan laut Indonesia semakin mandiri dengan dioperasikannya kapal-kapal buatan galangan lokal. Badan Koordinasi Kemanan Laut (Bakorkamla), Selasa (3/9/2013), meresmikan pengoperasian dua kapal patroli terbaru di Pangkalan Satgas I Tim Korkamla, Pulau Setokok, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kedua kapal yang diresmikan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Bakorkamla Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto itu bernama Kapal Negara (KN) Bintang Laut dengan nomor lambung 4801 dan Kapal Negara (KN) Singa Laut dengan nomor lambung 4802. Kedua kapal itu diproduksi dua perusahaan perkapalan di Batam, yakni PT Palindo Marine, dan PT Citra Shipyard.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Bambang, kedua kapal tersebut nantinya akan bertugas di wilayah alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) I. Alur laut kepulauan Indonesia itu mrembentang dari Laut Cina Selatan, Selat Karimata, Laut DKI, hingga Selat Sunda. “Pengoperasian kedua kapal Bakorkamla ini merupakan kali pertama dari 6 kapal yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dan rencana strategis Bakorkamla RI 2010-2014,” jelasnya saat peresmian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya