2 Kali Tertabrak Kendaraan, Ini Kata Dishub Solo Soal Median Jalan Simpang Makutho
Solopos.com|soloraya

2 Kali Tertabrak Kendaraan, Ini Kata Dishub Solo Soal Median Jalan Simpang Makutho

Median jalan sisi barat Simpang Tugu Makutho, Laweyan, Solo, sudah dua kali tertabrak kendaraan kurang dari sepekan terakhir.

Solopos.com, SOLO -- Dua peristiwa kecelakaan lalu lintas terjadi dengan jarak waktu kurang dari sepekan di simpang Tugu Makutho, Laweyan, Solo. Kedua peristiwa itu terjadi di titik yang sama persis yakni median jalan sisi barat simpang Makutho.

Terkait itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo sudah menyiapkan sejumlah langkah pencegahan. Selain memasang kembali alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL) yang ditabrak truk pada Kamis (25/3/2021), Dishub juga akan menambah fasilitas keselamatan seperti reflector berupa stiker menyala di median jalan itu.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, Selasa (30/3/2021), mengatakan segera mengevaluasi dengan menambahkan rambu-rambu lalu lintas menyikapi dua kecelakaan tunggal itu.

Baca Juga:  Terpapar Covid-19, Puluhan Santri Ponpes di Kauman Solo Diboyong Ke Donohudan

Ia mengungkapkan pada kecelakaan pertama pada simpang Makutho, Solo, Kamis (25/3/2021) malam, truk menabrak median jalan hingga mengakibatkan satu unit APILL milik Dishub roboh. Kemudian, terjadi lagi kecelakaan tunggal pada Senin (29/3/2021) malam.

Kecelakaan kedua itu mengakibatkan satu mobil Toyota Avanza rusak pada bagian depan seusai menghantam median jalan. Mobil itu diduga mengalami pecah ban hingga hilang kendali.

“APILL yang ditabrak truk sedang diperbaiki termasuk patok pengaman dan rambu-rambu. Segera kami tambahkan fasiltas keselamatan seperti reflector seperti stiker menyala di median,” papar Ari.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dilarang, Pemkot Solo Aktifkan Kembali Rumah Karantina?

APILL Sekunder

Menurutnya, dalam waktu dekat APILL simpang Makutho, Solo, akibat kecelakaan yang rusak segera diganti. Ari menyebut kerusakan APILL itu tidak berpengaruh karena hanya APILL overhead dan sekunder.

Ia memastikan saat pemasangan APILL termasuk penambahan fasilitas pengaman. Selain itu, penabrak APILL juga sudah bertanggung jawab atas kerusakan melalui rekanan Dishub Solo.

“Penabrak sudah berkoordinasi dengan pihak ketiga [rekanan Dishub]. Tiang APILL kan tiang khusus termasuk perangkat-perangkat APILL,” paparnya.

Baca Juga: Setelah Truk, Giliran Mobil Kecelakaan Tabrak Median Jalan Simpang Makutho Solo 

Sebelumnya, truk pengangkut peralatan mesin industri berpelat nomor AB 8724 RA mengalami kecelakaan dan menabrak tiang APILL di simpang Tugu Makutho, Laweyen, Solo, Kamis (25/3/2021) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Penyebab kecelakaan diduga karena sopir yang bernama Hartono, warga Ceper, Klaten, mengantuk saat berkendara. Selain itu, saat dicek petugas, rem truk itu juga ternyata blong.

Lalu, pada Senin (29/3/2021) malam, mobil Toyota Avanza menabrak median jalan hingga rusak di bagian depan. Dari keterangan para saksi, mobil itu hendak mendahului kendaraan di depannya namun tidak memerhatikan kondisi lalu lintas.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago