SOLOPOS.COM - Kondisi Toko Buku Togamas Solo di Jl Slamet Riyadi, Purwosari, Solo, Minggu (5/6/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Toko Buku Togamas Solo sempat dua kali pindah lokasi sebelum muncul kabar akan tutup pada akhir Juni 2022 ini. Berdasarkan catatan Solopos.com, gerai Togamas Solo buka kali pertama di Jl Dr Moewardi, Kota Barat, pada 2009.

“Iya, seingat saya tahun 2009 [Togamas] sudah ada di Kota Barat,” ujar salah satu warga Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Handayani, kepada Solopos.com, Minggu (5/6/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Toko buku Togamas kemudian pindah ke lokasi lain namun cukup dekat, yakni di perempatan Gendengan, tepatnya di lokasi yang sekarang ditempati gerai Hoka Hoka Bento. Salah satu warga Setabelan, Solo, Nico, mengaku sempat membeli buku di Togamas saat berada di kawasan Gendengan pada 2016.

“Seingat saya waktu itu tokonya baru beberapa lama pindah,” jelasnya, Minggu. Berdasarkan penelusuran Solopos.com di akun Facebook Toko Buku Diskon Togamas, toko buku tersebut pindah dari Kota Barat ke Jl Slamet Riyado No 319 kawasan Gendengan, Solo, pada April 2014.

Toko buku yang mengusung tagline Diskon Seumur Hidup tersebut tak lama berada di kawasan Gendengan, lalu pindah lagi ke alamatnya sekarang di Jl Slamet Riyadi No 428 Purwosari, Solo. Baru-baru ini tersiar kabar toko buku Togamas Solo bakal tutup.

Baca Juga: Pelanggan Tak Rela Toko Buku Togamas Solo Tutup, Ini Alasannya

Kabar tutupnya Togamas Solo itu viral di media sosial Twitter berkat cuitan seorang pengguna dengan akun @patrocloes. Pengguna akun Twitter itu mengungkapkan kesedihannya saat mengunggah tangkapan layar pernyataan dari admin Togamas, Jumat (3/6/2022).

Pernyataan dari Togamas itu berbunyi: “hai kak.. Kami mohon maaf yang sebesar besarnya. dengan berat hati kami menginformasikan Toko Buku Togamas cabang Solo baik Offline dan Online akan Tutup Operasional di akhir bulan Juni 2022. Kami mohon maaf belum bisa memenuhi pesanan buku yang sudah dipesan jauh jauh hari sebelumnya.”

Dikonsep Toko Diskon

Selanjutnya, pengelola akun @TOGAMAS_SOLO mengutip cuitan dari itu akun @patrocloes. “Terima kasih atas kepedulian terhadap toko buku Togamas solo. Doakan kami semoga segera bisa buka kembali,” tulisnya.

Baca Juga: Toko Buku Togamas Solo Tutup Akhir Juni 2022?

Salah satu petugas toko buku Togamas Solo saat diminta konfirmasi menolak memberikan keterangan mengenai kabar toko tersebut bakal tutup. Dia mengaku tak berwenang memberikan keterangan.

Sementara kepala toko tidak ada di tempat saat Solopos.com hendak menemuinya Minggu siang. Petugas toko juga tidak bersedia memberikan nomor telpon kepala tokonya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, toko buku Togamas kali pertama didirikan di Malang, Jawa Timur, pada 15 Desember 1990, oleh suami-istri, Johan Budhi Sava dan Swahandayani.

Baca Juga: Busri Toko Buku Legendaris di Belakang Sriwedari Solo, Riwayatmu Kini

Sejak awal toko buku ini dibangun dengan konsep discount store dan tagline Diskon Seumur Hidup. Toko buku itu terus berkembang hingga memiliki puluhan cabang di Jawa dan Bali. Selain itu, toko buku Togamas juga merambah pasar online baik melalui website maupun marketplace.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya