SOLOPOS.COM - Si jago merah membakar lantai II rumah warga RT 001/RW 003 Kratonan, Serengan, Solo, bernama Mulyono, Minggu (26/6/2022) siang. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kebakaran terjadi di rumah warga Kampung Kartotiyasan RT 001/RW 003 Kratonan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah pada Senin (27/6/2022) pukul 01.00 WIB.

Rumah yang terbakar itu milik Sahlani. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tetapi pemilik rumah mengalami luka ringan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari petugas Damkar Solo, lokasi kebakaran di selatan Soto Kirana Kartopuran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Begitu menerima laporan warga pukul 01.25 WIB, Damkar Solo langsung meluncur ke lokasi kejadian. Tim Damkar Solo tiba sekira pukul 01.35 WIB dan langsung melakukan upaya pemadaman.

Ekspedisi Mudik 2024

Namun api terlanjur membesar sehingga petugas Damkar Solo butuh waktu lebih dari satu jam untuk memadamkan api. Kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 02.45 WIB.

Kobaran api tidak sampai merembet ke rumah warga lain. Selain itu, sebagian besar rumah korban masih dapat diselamatkan. Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik pada sepeda motor milik korban.

Baca Juga : Kebakaran di Karaoke Gravista Solo, Ruangan Mendadak Penuh Asap

kebakaran solo
Kondisi sepeda motor milik Sahlani, warga Kartotiyasan RT 001/RW 003 Kratonan, Serengan, Solo, yang diduga menjadi pemicu terjadinya kebakaran rumah korban, Senin (27/6/2022) dini hari. (Istimewa)

Hubungan pendek arus listrik itu diduga memicu munculnya api yang kemudian membesar dan membakar bagian dalam rumah. Petugas Damkar menggunakan 3.000 liter air untuk memadamkan api. Mereka dibantu sukarelawan dan warga dalam upaya memadamkan api.

Kebakaran juga terjadi di rumah lantai II milik Mulyono, warga Joyotakan RT 003/RW 003 Serengan, Minggu (26/6/2022) sekira pukul 14.05 WIB. Besarnya kobaran api yang membakar bangunan tersebut membuat upaya pemadaman memakan waktu lebih dari dua jam, yakni dari pukul 14.08 WIB hingga 16.20 WIB.

Bangunan yang terbakar berada di sebelah barat Kantor Kelurahan Joyotakan. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam musibah tersebut. Api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke rumah warga lain.

Kerugiaan materiil belum diketahui secara pasti. Tetapi, penyebab kebakaran diduga karena pemilik rumah lupa mematikan alat las seusai menggunakannya. Butuh air sebanyak 20.000 liter untuk memadamkan api di rumah Mulyono. Selain dari Damkar Solo, ada tim Damkar Karanganyar yang membantu proses pemadaman api.

Baca Juga : Kebakaran Bangunan di Kerten Solo, Seorang Ibu Hamil Dilarikan ke RS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya