SOLOPOS.COM - Wahyana, guru SMP di Gunungkidul, menjadi wasit bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020. (Instagram/@nadiemmakarim)

Solopos.com, JAKARTA — Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa ada dua guru asal Indonesia yang juga ikut tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka bukan tampil sebagai atlet, melainkan sebagai juri.

Dua guru tersebut adalah Wahyana dan Lia. Kedua pahlawan tanpa tanda jasa itu menjadi wasit cabang bulu tangkis di Olimpiade Tokyo 2020.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hebatnya, Wahyana dipercaya memimpin jalannya laga final tunggal putri Olimpiade Tokyo 2020. Dia seorang guru mata pelajaran olahraga di SMP 4 Patuk, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Baca Juga: Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020: Indonesia Disalip Filipina Jelang Acara Penutupan

wasit olimpiade tokyo
Seorang guru bernama, Lia mewakili Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 sebagai wasit bulutangkis. (Instagram/@nadiemmakarim)

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim, sampai angkat topi untuk keduanya. Nadiem menilai kedua sosok guru ini menjadi inspirasi mengharumkan nama Indonesia.

“Setelah pelajar, kini giliran sosok guru yang berprestasi di ajang olah raga dunia. Terima kasih atas pengabdian Bapak Wahyana dan Ibu Lia yang berhasil menembus Olimpiade Tokyo 2020 sebagai wasit cabang bulu tangkis,” tulis Nadiem di akun Instagram-nya nadiemmakarim, Sabtu (7/8/2021).

Kiprah Wahyana dan Lia menurut Nadiem turut mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi olahraga empat tahunan itu. Nadiem berharap guru-guru Indonesia dapat berkontribusi hingga ke mancanegara.

“Ibu dan Bapak adalah inspirasi kami untuk terus berkontribusi mengharumkan nama Indonesia,” ujar Nadiem.

“Maju terus untuk guru-guru Indonesia!” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya