SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta (Solopos.com) — Kebakaran yang melanda kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, sejak Sabtu pagi berangsur-angsur mereda. Dua dari tiga tangki yang terbakar berhasil dipadamkan.

“Pertamina berhasil memadamkan 2 dari 3 tangki yang terbakar, kedua tangki tersebut adalah tangki 31-T2 dan tangki 31-T3,” tutur VP Corporate Communication Pertamina Mochamad Harun dalam rilisnya, Minggu (3/4/2011) pukul 19.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Saat ini pihak pemadaman difokuskan kepada tangki 31-T7 yang masih terbakar 50% dengan menyemprotkan foam secara terus menerus dan upaya isolasi serta pendinginan pada tangki 32-T104. Upaya isolasi dilakukan dengan menginjeksikan foam kedalam tangki dan menyemprotkan air secara terus menerus ke tangki 32-T104 untuk menjaga temperature fluida di dalam tangki di bawah 50ºC.

“Hal ini untuk mencegah api menjalar ke tangki 32T-104 yang berada di sebelah Timur tangki 31-T7. Pertamina akan melakukan penyelidikan menyeluruh terhadap penyebab terjadinya insiden dan besarnya kerugian, pasca pemadaman yang saat ini masih berlangsung,” papar Harun.

Harun juga mengatakan, Pertamina menjamin pasokan BBM dalam kondisi aman dengan volume stok premium, solar dan kerosin (Minyak Tanah) dijaga pada level 3,2 juta KL. Untuk Avtur akan mulai dikapalkan pada 4 April sebesar 17.000 KL ke Depot Manggis, Bali dan Soekarno Hatta.

Di samping itu, lanjut Harun, Pertamina telah menyiagakan pasokan sebesar 400.000 barel Premium yang sewaktu-waktu dapat digunakan apabila diperlukan untuk menambah pasokan. Dengan pertimbangan safety pelayanan LPG yang selama ini dipenuhi dari Kilang Cilacap telah dialihkan pasokannya, khusus untuk Jawa Tengah bagian barat akan mengambil dari Kilang Balongan sedangkan untuk pasokan Jawa Tengah bagian timur akan mengambil dari Terminal Elpiji Tanjung Emas.

“Ini dilakukan agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi seperti biasa,” pungkas Harun.

Sementara itu pantuan di lokasi, titik api sudah tidak tampak di tangki pertama. Sedangkan di tangki kedua, masih terdapat titik api yang volumenya terus mengecil. Sementara pada tangki ketiga, kobaran api masih tampak jelas.

detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya