SOLOPOS.COM - Suasana pendapa di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (13/8/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Sejarawan dan pemerhati budaya Kota Solo, Tundjung W. Sutirto mengatakan tidak ada pola tunggal dalam suksesi kepemimpinan di Pura Mangkunegaran.

Kondisi tersebut sudah berlangsung sejak kepemimpinan K.G.P.A.A. Mangkunegara I sampai yang sekarang. Dalam perjalanannya, ada pengganti yang berstatus cucu, misalnya Mangkunegara II merupakan cucu dari Mangkunegara I.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada yang bestatus sepupu sekaligus menantu, ada adik, ada kemenakan, dan tentu ada anak. Anak pun dari yang sudah pernah terjadi bukan anak yang tertua, karena anak tertua sudah meninggal lebih dulu,” ujar dia, Jumat (13/8/2021).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Gandeng Jasa Ojol Lewat Inovasi Adek Manja, Kini Pengiriman KTP-el dan KIA di Klaten Lebih Mudah

Artinya, Tundjung menjelaskan, siapa sosok yang akan menggantikan Mangkunagoro IX sebagai pemimpin Pura Mangkunegaran sangat situasional. Dinamika internal dari keluarga inti Mangkunagoro IX akan sangat menentukan.

Sebab Mangkunagoro IX mempunyai dua putra, yaitu G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara dan G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Paundrakarna merupakan putra pertama hasil pernikahan Mangkunagoro IX dengan Sukmawati Soekarnoputri.

Baca juga: Kualitas Super! Arab Saudi Borong 1.000 Ton Beras Sragen

Paundrakarna lahir saat Mangkunegara IX belum jumeneng alias masih menjadi pangeran. Di sisi lain ada sosok Bhre Cakrahutomo merupakan putra hasil pernikahan dengan Prisca Marina Yogi Supardi yang dinobatkan sebagai permaisuri.

“G.P.H. Bhre Cakrahutomo lahir saat Mangkunegara IX sudah menduduki tahta, dan lahir dari istri permaisuri. Sehingga siapa yang nanti akan menggantikan sepenuhnya terpulang kepada keluarga inti. Kita tunggu saja,” seru Tundjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya