2 Anggota DPRD Kena Covid-19, Dinkes Grobogan Gelar Rapid Test

Rapid test antigen dalam rangka contact tracking dari dua anggota Dewan yang positif Covid-19.
2 Anggota DPRD Kena Covid-19, Dinkes Grobogan Gelar Rapid Test
SOLOPOS.COM - Anggota DPRD Grobogan menjalani rapid test antigen, Rabu (11/11/2020), menyusul adanya dua anggota Dewan yang positif Covid-19.(Solopos.com/Arif Fajar Setiadi)

Solopos.com, PURWODADI – Dua anggota DPRD Grobogan positif terpapar Covid-19, yakni SH dan RA. Keduanya merupakan anggota Fraksi PDI Perjuangan dan kini menjalani isolasi mandiri. Guna menindaklanjuti kasus tersebut Dinkes Grobogan melakukan rapid test antigen.

“Dinkes langsung melakukan contact tracking terkait adanya dua anggota DPRD [SH dan RA] yang dinyatakan positif terpapar virus corona [Covid-19],” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Grobogan dr. Slamet Widodo kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

Menurut Kepala UPTD Labkesda Dinkes Grobogan, dr. Pungki Aditya yang memimpin pelaksanaan rapid test antigen, targetnya 50 orang. Namun, hanya 43 orang yang ikut rapid test. Informasinya selain anggota DPRD Grobogan, juga staf komisi dan pejabat struktural sekretariat dewan yang ikut kegiatan tersebut.

“Apabila ada yang reaktif langsung dilakukan swab test. Namun, hasilnya dari 43 orang tersebut non reaktif semua. Karena rapid test antigen sekitar 15 menit sudah bisa diketahui hasilnya,” jelasnya.

Rumah Karantina Covid-19 di Beberapa Desa di Sukoharjo Mulai Ditutup, Sepi Peminat?

Untuk diketahui, rapid test antigen atau swab antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus corona (Covid-19) pada sampel lendir yang diambil dari saluran pernapasan

Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengatakan rapid test yang dilaksanakan hari ini untuk mengatahui kondisi kesehatan anggota DPRD terkait Covid-19. Hal ini mengingat aktifitas anggota Dewan yang cukup tinggi. Sehingga diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi anggota serta masyarakat.

“Yang menjalani rapid test antigen, anggota DPRD Grobogan dan staf Sekwan. Jika ada yang reaktif hasilnya dilakukan pemeriksaan lanjutan. Infonya hasil rapid test hari ini non reaktif semua,” jelas Agus Siswanto, Rabu.

Puting Beliung Lintasi Semarang, 2 Rumah Rusak Parah

Polsek Grobogan

Agus Siswanto mengaku dirinya belum mengetahui kondisi kesehatan dua anggota DPRD Grobogan SH dan RA yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Untuk memastikannya, Agus akan menanyakan ke sekwan dan Dinkes Grobogan.

“Terkait kondisi kesehatannya [SH dan RA] akan saya koordinasikan ke Sekretasris DPRD. Langkah awal kita melaksanakan repid test antigen untuk tracking dan antisipasi,” imbuhnya.

Kapolsek Grobogan Iptu Parjin menjalani rapid test, Rabu (11/11/2020). (Istimewa)

Wah, Ganjar Pranowo Disebut Potensial Memenangi Pilpres 2024 Asalkan Berpasangan dengan Tokoh Ini

Selain DPRD Grobogan, Polsek Grobogan juga menggelar rapid test untuk anggota dan Bhayangkari , pada Rabu (11/11). Menurut Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, kegiatan tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19 di internal Polri. Pihaknya juga mewajibkan anggota untuk mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hingga Rabu, kasus Covid-19 berdasar data dari Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Grobogan, telah mencapai angka 652. Rinciannya, pasien sembuh, 525 orang, meninggal dunia, 93 orang. Yang menjalani isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit, 34 orang.

 

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago