2.523 Ibu Hamil Karanganyar Tunggu Jadwal Vaksinasi Covid-19

Rencana vaksinasi ibu hamil di Karanganyar menurut Purwati bertujuan untuk mengurangi risiko yang muncul apabila ada kasus bumi terpapar Covid-19.
2.523 Ibu Hamil Karanganyar Tunggu Jadwal Vaksinasi Covid-19

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar mendata ibu hamil di Karanganyar untuk menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berikutnya. Pendataan dilakukan melalui petugas Puskesmas di wilayah kerja masing-masing.

Kepala Dinkes Karanganyar, Purwati, mengatakan saat ini tahap yang dilakukan oleh Dinkes Karanganyar baru sebatas pendataan sesuai permintaan.

Ibu hamil yang didata menurutnya adalah perempuan dengan masa kehamilan 14 pekan hingga 33 pekan per Agustus 2021. Sebanyak 2.523 ibu hamil sudah terdata dan dikirimkan ke Dinkes Provinsi Jateng.

Baca juga: Pemprov Jateng Percepat Vaksinasi Covid-19, Pekan Ini Tersedia 770.000 Dosis Vaksin

“Saat ini baru pendataan dulu sesuai yang diminta. Untuk waktu pelaksanaannya kami menunggu nanti kapan akan bisa divaksin,” jelas dia kepada Solopos.com, Senin (26/7/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, rencananya vaksinasi ibu hamil di Karanganyar akan menggunakan vaksin jenis Moderna atau Pfizer. Meskipun belum ada informasi terkait hari pelaksanaan, namun Dinkes Karanganyar sudah mulai menyiapkan Puskesmas sebagai lokasi vaksinasi.

Sembilan Kasus Meninggal

Rencana vaksinasi ibu hamil di Karanganyar menurut Purwati bertujuan untuk mengurangi risiko yang muncul apabila ada kasus ibu hamil yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Mulai Malam Ini Jalur Bawah Flyover Palur Karanganyar Ditutup 24 Jam

Hal ini lantaran berdasarkan data yang dimiliki Dinkes Karanganyar, sudah ada sebanyak sembilan kasus ibu hamil yang meninggal dunia karena positif Covid-19.

“Dari awal pandemi hingga saat ini kan sudah ada sembilan kasus kematian karena terpapar Covid-19. Makanya vaksinasi ini untuk mengantisipasi dampak terburuk yang muncul pada ibu hamil,” beber dia.

Sebelumnya, Dinkes Kabupaten Karanganyar  mendata ibu hamil dengan usia kandungan 14 pekan hingga 33 pekan. Pendataan tersebut menindaklanjuti rapat virtual tentang persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil.

Baca juga: Nasib SD Negeri Bermurid Minim di Karanganyar di Ambang Regrouping

Program vaksinasi ibu hamil merupakan rekomendasi Kementerian Kesehatan, perkumpulan obstetri dan ginekologi Indonesia (POGI), dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) tentang pentingnya vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil sebagai salah satu upaya menurunkan risiko penularan Covid-19.

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago