SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 2.500 personel aparat keamanan gabungan nakal diterjunkan menjaga Kota Solo selama penyelenggaraan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, 18-20 November. Mereka bakal disebar di setiap venue seperti Stadion Manahan, Editorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), serta GOR UMS.

Pernyataan ini disampaikan Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, saat ditemui wartawan, Kamis (27/10/2022). Kapolresta telah berulang kali mengikuti pertemuan membahas persiapan pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah pada beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Total jumlah tim gabungan sekitar 2.500 personel, termasuk dari Polda Jawa Tengah. Ribuan petugas dilibatkan karena venue muktamar di beberapa lokasi. Ini event keagamaan bertaraf nasional sehingga menjadi perhatian khusus,” katanya, Kamis.

Berdasarkan informasi dari panitia, peserta tamu undangan Muktamar Muhammadiyah diperkirakan tiba di Kota Solo mulai 17 November. Mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air. Para peserta dan tamu undangan diperkirakan berangkat ke Solo secara bergelombang dari daerah asal.

Soal pengamanan tamu VVIP, Iwan menyampaikan masih menunggu informasi kepastian Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang direncanakan membuka acara Muktamar Muhammadiyah di Stadion Manahan.

Baca Juga: MDMC Solo akan Bangun Dapur Umum Muktamar 48, Belasan Ribu Porsi Sekali Masak

“Prinsipnya, kami siap mengamankan pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah. Ini membuktikan Solo menjadi kota pilihan dalam pelaksanaan event-event nasional maupun internasional,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat ditemui wartawan belum lama ini, menyampaikan acara seremonial pembukaan Muktamar Muhammadiyah digelar di Stadion Manahan Solo pada 19 November.

Sedangkan, kegiatan muktamar dipusatkan di UMS. Sidang tanwir Muhammadiyah diselenggarakan di Gedung Auditorium Mohammad Djasman. Sedangkan sidang tanwir Aisyiyah diselenggarakan di Gedung Induk Siti Walidah.

Baca Juga: 3 Juta Orang bakal Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Dishub Solo Belum Siapkan MRLL

Pemerintah bakal menyiapkan sarana transportasi bagi peserta undangan muktamar menuju lokasi sidang tanwir.  “Pokoknya tamunya banyak sekali. Ya nanti bakal disediakan sarana transportasi semacam shuttle bus. Layanan transportasi menuju sidang tanwir di kampus UMS,” katanya.

Seperti diketahui, selain peserta dan tamu undangan, Muktamar Muhammadiyah di Solo rencananya juga dihadiri jutaan penggembira. Mereka akan berduyun-duyun datang ke Kota Solo saat pembukaan.

Diperkirakan ada 10.000 unit bus yang akan berseliweran di jalanan Kota Solo mengangkut para peserta, tamu undangan maupun penggembira muktamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya