SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok)

ilustrasi (dok)

KARANGANYAR–Sedikitnya 2.000 anggota pramuka penggalang dari 35 kwartir cabang (kwarcab) se-Provinsi Jateng dipastikan mengikuti Jambore Daerah (Jamda) XIII di bumi perkemahan Cakrapahlawasri, Kelurahan Delingan. Panitia pelaksana Jamda XIII juga menyiapkan sekitar 60 homestay untuk kemah majelis pembimbing (mabi) pramuka dan menginap para pejabat Pemprov Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Kwarcab Karanganyar yang juga Sekda Karanganyar, Samsi, mengatakan setiap kwartir cabang mengirim dua utusan yakni kontingen putra dan putri. Kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan berupa uji ketrampilan, hiking, api unggun dan pentas seni. “Hiking akan dilakukan di Cemoro Kandang, Tawangmangu sementara uji ketrampilan dilaksanakan di Waduk Delingan,” katanya saat ditemui wartawan, Senin (18/6/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, pihaknya menyediakan homestay untuk menginap para ketua kontingen termasuk para pejabat Pemprov Jateng maupun Pemkab Karanganyar saat kemah mabi. Kegiatan itu dilaksanakan pada Kamis-Jumat (21-22/6) sebelum upacara pembukaan Jamda.

Setiap kontingen akan didampingi beberapa panitia  yang terdiri dari guru selama pelaksanaan Jamda. Pasalnya, seluruh peserta Jamda merupakan siswa SMP sehingga harus didampingi pihak panitia. “Kami telah memasang bendera pramuka mulai dari Colomadu hingga lokasi Jamda. Persiapannya sudah matang termasuk 100 MCK,” jelasnya.

Seluruh peserta Jamda juga akan mengikuti kegiatan rekreasi yang dilaksanakan di tiga titik lokasi yakni Candi Sukuh, Grojogan Sewu dan Astana Giribangun. Rencananya, Jamda XIII dibuka oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan dihadiri Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri. Pembukaan dilaksanakan pada Jumat (22/6) sekitar pukul 08.00 WIB. “Nanti juga ada karnaval pramuka dari depan Stadion 45 Karanganyar hingga Jembatan Siwaluh.”

Sementara Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, menambahkan Salim Segaf Al Jufri direncanakan akan melakukan kunjungan kerja ke rumah tak layak huni (RTLH) yang  direnovasi di sekitar lokasi Jamda. Rumah yang direnovasi tersebut mendapatkan bantuan biaya pembangunan dari Kementerian Sosial. Jumlah rumah yang direnovasi sebanyak 10 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya