SOLOPOS.COM - Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat menggelar konferensi pers di Mapolres Malang, Senin (3/10/2022). (ANTARA/HO-Bidhumas Polda Jatim)

Solopos.com, MALANG — Sebanyak 18 orang anggota pengamanan pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, diperiksa pihak kepolisian. Penggunaan gas air mata dalam pengamanan pertandingan menjadi materi yang didalami.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan kepolisian telah melakukan pemeriksaan terhadap anggota yang terlibat langsung dalam pengamanan pertandingan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim Penelitian Khusus (Litsus) serta Profesi dan Pengamanan (Propam), kata dia, telah memeriksa 18 orang anggota yang bertanggung jawab sebagai operator senjata pelontar.

“Dimintai keterangan Litsus dan Propam,” kata Irjen Dedi di Malang, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Aparat Tendang Suporter di Kanjuruhan, Komnas HAM: Ada Indikasi Pelanggaran HAM

Polri juga masih mendalami keterangan manajer pengamanan dari pangkat perwira sampai perwira menengah.

Mengenai penggunaan gas air mata dalam pengamanan pertandingan, kata Dedi, hal tersebut menjadi materi yang sedang didalami oleh tim.

“Ini bagian dari materi yang didalami. Ekskalasi yang di lapangan dengan SOP. Ekskalasi kontingensi emergency sifatnya bagaimana, kontingensi plan, emergency plan bagaimana. Hal tersebut bakal diaudit,” katanya.

Polri juga sedang melakukan pemeriksaan di level manajerial penanganan lapangan terkait penggunaan gas air mata di stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Beredar Video Anggota TNI Tendang Aremania, Panglima: Ada Lainnya Kirim ke Saya

“Sedang dimintai keterangan di level manajerial penanganan lapangan. Biar tim kerja dulu. Tunggu dulu. Asas kehati-hatian ketelitian kecermatan jadi standar,” ujarnya.

Irjen Dedi mengungkapkan, pihaknya juga memeriksa beberapa saksi antara lain Direktur PT LIB, Ketua PSSI Jatim, ketua Panpel Arema FC dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim terkait tragedi di Kanjuruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya