SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak 179 pejabat baru struktural eselon II, III, IV dan V Pemkot Solo dilantik, Senin (2/1) sore di Pendapi Gede Kompleks Balaikota.

Pelantikan mereka disesuaikan dengan kebijakan susunan organisasi dan tata kelola (SOTK) baru Pemkot Solo. Para pejabat baru itu terdiri tujuh golongan eselon II, 34 pejabat eselon III, 136 pejabat eselon IV dan dua orang pejabat eselon V.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dalam pesannya meminta seluruh pejabat bekerja lebih keras, sebaik mungkin. Dia menyatakan citra positif Kota Solo yang diraih selama ini karena kerja keras seluruh jajaran.

“Saya berpesan, karena saat ini ada pandangan yang menyebutkan selama ini kita sebatas melakukan politik pencitraan. Saya tegaskan di sini, pencitraan positif muncul karena kinerja. Saya ingin pekerjaan dilaksanakan sebaik mungkin, jangan ada keluhan-keluhan dari masyarakat,” paparnya.

Jokowi menyatakan citra positif Kota Solo bukan karena upaya pencitraan dengan pemasangan gambar-gambar atau foto diri pejabat. Melainkan memang karena kinerja baik yang mendapat apresiasi positif dari masyarakat.

Sementara tujuh pejabat eselon II yang dilantik yakni Yosca Herman Soedrajat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dan Kominfo, Pujo Haryanto di Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT), Puguh SH Kepala Satpol PP, Eni sebagai Asisten Ekonomi dan Kesbang Kesra, Totok Atmanto Sekretaris DPRD, Untara SH pada Dispendukcapil, serta Dicky SH sebagai staf ahli bidang hukum dan politik.

Dalam SOTK baru Pemkot Solo sejumlah SKPD dirombak seperti Dinas Perhubungan (Dishub) digabung dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menjadi Dishubkominfo. Selain itu Badan Penanaman Modal digabung dengan Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu (KPPT) menjadi Badan Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu (BPMPT). Ada juga pemisahan perlindungan masyarakat (Linmas) dari Kesatuan Bangsa Politik dan Linmas ke Satuan Polisi (Satpol Pamong Praja (PP).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Etty Retnowaty menjelaskan perombakan pejabat struktural supaya SKPD lebih ramping. “Dengan seperti ini lebih ramping karena ada penggabungan sejumlah SKPD,” terang dia. Dengan perombakan tersebut jumlah SKPD Pemkot Solo berkurang dari 16 dinas menjadi 15 dinas ditambah lima badan.JBBI/Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya