SOLOPOS.COM - Peserta duduk di pinggir kolam pemancingan saat mengikuti lomba memancing ikan yang digelar Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Minggu (27/3/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 172 peserta mengikuti lomba mancing ikan yang digelar Grup 2 Komando Pasukan Khusus atau disingkat Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo, Minggu (27/3/2022). Event itu digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kopassus sekaligus mendekatkan diri dengan masyarakat terutama komunitas mancing mania.

Para peserta duduk bersila di pinggir kolam pemancingan di sekitar kompleks Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan di Kartasura. Mereka membawa beragam peralatan memancing serta pelet yang dicampur air sebagai umpan memancing ikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para peserta tak hanya berasal dari wilayah Soloraya melainkan juga daerah lain seperti Sleman dan Bantul, DIY. Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto, mengatakan lomba memancing ikan itu bagian dari peringatan HUT Kopassus.

Baca Juga: Rayakan HUT, Kopassus Kandang Menjangan Bagi-Bagi Sembako

Korps baret merah tersebut ingin lebih mendekatkan diri dengan masyarakat melalui lomba memancing. “Kami ingin menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat. Kopassus guyub dengan masyarakat. Masyarakat sangat antusias mengikuti lomba memancing. Para peserta dari luar Soloraya juga banyak seperti Bantul dan Sleman, DIY,” katanya saat berbincang dengan wartawan, Minggu.

Di kolam pemancingan itu, ada 4.000 ekor ikan seberat 1,5 ton. Ada juga 100 ekor ikan master yang berbobot 4 kg-8 kg. Para peserta lomba mancing yang digelar Kopassus itu memperebutkan hadiah utama berupa uang pembinaan senilai Rp10 juta dan doorprize berupa perabotan rumah tangga seperti rice cooker.

Baca Juga: Zona Integritas, Tekad Grup 2 Kopassus Raih Predikat WBK

Memupuk Sinergitas

Sabdono menyampaikan kolam pemancingan ikan tersebut semula rawa-rawa yang tidak produktif. Anggota Kopassus lantas membersihkan rawa-rawa itu dan membangun kolam pemancingan ikan.

“Ini kolam pemancingan baru ukuran 90 meter x 48 meter dengan kedalaman sekitar tiga meter. Jadi kolam ini tak hanya digunakan saat ada lomba pemancingan melainkan bisa dimanfaatkan setiap hari. Kolam pemancingan akan dikelola untuk kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Lebih jauh, Sabdono menyampaikan ke depan, Kopassus bakal melaksanakan beragam kegiatan yang bertujuan mempererat tali silaturahmi dan memupuk sinergitas dengan elemen masyarakat. Ia berharap Kopassus makin kuat, profesional, dan dicintai oleh rakyat.

Baca Juga: Seru! Warga Klodran Karanganyar Berlomba Mancing Lele Pakai Baju Adat

Seorang peserta lomba memancing ikan HUT Kopassus asal Kabupaten Boyolali, Andi, mengapresiasi Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan yang menggelar lomba memancing ikan.

Ia mengaku telah berulang kali mengikuti lomba memancing ikan di wilayah Soloraya. “Tarikan harus kuat saat straight karena ikan berupaya melepaskan diri dari mata kail. Sangat menguras tenaga. Ini menjadi tantangan paling menarik bagi pehobi mancing ikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya