SOLOPOS.COM - Pengumuman akun Instagram Pemkot Solo kembali normal setelah dikuasai hacker selama sekitar 17 jam.

Solopos.com, SOLO – Sekitar 17 jam akun resmi Instagram Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, @pemkot_solo diretas atau kena hack. Selama dikuasai hacker, follower atau pengikut akun bercentang biru ini bertambah 1.900.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, hacker, sebutan bagi peretas, menguasai akun Instagram Pemkot Solo ditandai dengan unggahan-unggahan yang tak biasa dilakukan admin akun tersebut. Konten-konten aneh mulai bermunculan, Jumat (8/10/2021) malam sekitar Pukul 22.40 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Sejam Diumumkan Pulih, IG Pemkot Solo Diduduki Hacker Lagi?

Saat itu, follower akun bercentang biru itu tercatat 36K alias 36 ribu. Sementara versi Pemkot Solo, akun Instagram mereka mulai tak bisa dikendalikan sejak Jumat sore.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan kronologi akun Instagram Pemkot Solo mulai dikuasai hacker, sejak Jumat Pukul 16.29 WIB.

Baca Juga: Hacker IG Pemkot Solo Mengatasnamakan Intelejen Partai Komunis Tiongkok

“Kami informasikan bahwa Akun @pemkot_solo saat ini sedang mengalami Hacking dan sedang dalam proses pemulihan,” terang Gibran kepada wartawan melalui grup WhatsApp, Sabtu (9/10/2021) pagi.

Peretasan itu, lanjut Gibran, telah dilaporkan ke pihak Facebook selaku pemilik platform Instagram. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengatakan peretas mengganti email akun Instagram sehingga admin tak bisa masuk untuk mengambil kendali.

Baca Juga: Instagram Pemkot Solo Dibombardir Konten Aneh, Ini Pesannya

Akun tersebut mulai normal Sabtu Pukul 09.50 WIB. Hal itu ditandai dengan pengumuman melalui unggahan Instagram @pemkot_solo sekitar Pukul 13.00 WIB.

Sejam setelah pengumuman itu, Pukul 14.00 WIB, akun kembali diwarnai tiga unggahan dengan identitas @chinahackermemes. Pemkot Solo pun mengaku sempat memantau hal itu. Dan tak lama kemudian tiga unggahan itu menghilang.

Sejak saat itu, follower akun resmi Pemkot Solo berubah. Ada pertambahan follower menjadi 37,9K alias bertambah 1.900 follower.

Baca Juga: $828,5 Miliar Dibelanjakan Pangeran Salman untuk Saham Industri Game

Sementara akun @chinahackermemes yang sempat mengambil alih sejam setelah pengumuman akun normal, diketahui melakukan ajakan. Hal itu tertulis melalui pengumuman akun Pemkot Solo akan diblok dan ajakan untuk mengikuti akun @chinahackermemes.

Akun tersebut juga nongol saat peretasan berlangsung Sabtu dini hari. Hanya ada satu unggahan berupa meme pegulat Amerika John Cena di laman akun @chinahackermemes.

Pantauan Solopos.com, akun itu juga baru terlihat eksis Sabtu dini hari. Pengikut akun @chinahackermemes mulai dari 0 dan hingga Sabtu Pukul 15.40 WIB bertambah menjadi 1.080 follower.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya