Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

162 Calhaj Wonogiri Mulai Menuju Embarkasi Donohudan Boyolali

Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore.
SHARE
162 Calhaj Wonogiri Mulai Menuju Embarkasi Donohudan Boyolali
SOLOPOS.COM - Sejumlah bus berisi 162 Calhaj Wonogiri diberangkatkan ke Embarkasi Haji di Boyolali dari pendapa Rumdin Bupati Wonogiri, Kamis (30/6/2022). Setelah di embarkasi, para calhaj melanjutkan perjalanan menuju Makkah, Arab Saudi untuk beribadah haji. (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore. Para calhaj berangkat dari pendapa Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Wonogiri.

Seratusan calhaj itu terdiri dari 160 jemaah haji reguler dan dua petugas haji daerah. Rincian petugas haji daerah itu meliputi satu petugas kesehatan dan satu petugas pelayanan umum.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sebelum berangkat ke tanah suci, mereka memperoleh pembekalan dari Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno yang mewakili Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Setyo Sukarno mengatakan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, merupakan ibadah yang diikuti umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Mereka datang dengan berbagai kultur, adat, budaya, yang beraneka ragam.

Segenap calhaj Kabupaten Wonogiri diharapkan senantiasa menjaga kesopanan dalam berinteraksi dengan sesama calhaj lainnya.

Baca Juga: Ini Kuota Calhaj Wonogiri yang Berangkat Tahun 2022, Berapa Ya?

“Bapak ibu sekalian adalah duta bangsa sehingga sangat perlu menjaga sikap dan tutur kata yang baik,” kata Setyo kepada seluruh calhaj yang hadir di pendapa Rumdin Bupati Wonogiri.

Setyo Sukarno juga mengingatkan ibadah haji di tahun ini dihadapkan dengan tantangan yang sangat berat. Sebab dilakukan bersamaan dengan datangnya musim panas yang luar biasa.

Suhu di Tanah Suci nantinya diperkirakan lebih tinggi dibanding suhu di Indonesia. Kondisi itu layak disebut sebagai kondisi ekstrem yang harus dihadapi segenap jemaah dan petugas pendamping.

“Sangat penting untuk selalu mengikuti petunjuk dan bimbingan yang disampaikan oleh para pendamping dan tim kesehatan. Menjaga kesehatan fisik selama berhaji. Dalam situasi yang ekstrem tersebut akan menjadi penentu kualitas dan kekhusukan dalam menjalankan ibadah haji,” katanya.

Baca Juga: Pemberangkatan Haji Ditunda Lagi, Calhaj Wonogiri Pasrah

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Anif Solikhin, berterima kasih kepada Pemkab Wonogiri yang telah membiayai sesi pemberangkatan calhaj ke Embarkasi Haji Boyolali. Sumber anggaran berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022.

Sebanyak 162 calhaj sudah dalam kondisi sehat. Selain dinyatakan sehat, sebanyak 162 calhaj tersebut dipastikan negatif Covid-19 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri.

“Pembagiannya [calhaj Wonogiri] terdiri 79 jemaah laki-laki dan 83 jemaah perempuan. Jemaah haji termuda di Wonogiri berusia 35 tahun dan yang tertua, yakni 64 tahun. Semua sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan booster serta vaksin meningitis,” kata dia.

Seusai dilepas sekitar pukul 16.15 WIB, rencananya para calhaj diterima panitia haji di Embarkasi Haji Donohudan Boyolali, pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: 158 Calhaj Wonogiri Ikuti Manasik Haji, Kapan Berangkat?

Setelah itu, seluruh calhaj Wonogiri yang pemberangkatannya masuk di kloter 41 akan diberangkatkan dari Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022) pukul 18.55 WIB. Diperkirakan, para calhaj Wonogiri sampai di Arab Saudi keesokan harinya, Sabtu (12/8/2022) pukul 03.50 waktu setempat.

Pascagelaran ibadah haji rampung, 162 calhaj tersebut dijadwalkan kembali ke Indonesia, Jumat (12/8/2022) pukul 05.05 waktu setempat. Selanjutnya, tiba di Embarkasi Haji Donohudan Boyolali pada hari yang sama, pukul 22.00 WIB.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode