SOLOPOS.COM - Kasus Covid-19 di RI melonjak tajam. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SRAGEN—Dalam sehari, per Sabtu (19/6/2021), angka kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sragen mencapai 160 orang.

Hampir setiap akhir pekan terjadi lonjakan kasus baru di atas 100 orang. Pada Jumat (18/6/2021), angka kasus baru cukup tinggi di angka 150 orang. Namun pada Kamis ke belakang angka kasus baru kurang dari 50 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen dr Hargiyanto menyampaikan data kasus baru Covid-19 di Sragen per Sabtu sore sebanyak 160 kasus baru, yakni dari angka 8.646 orang per Jumat menjadi 8.806 orang per Sabtu.

Baca Juga: Bangunan Eks SDN 2 Kragilan Sragen Disulap Jadi Tempat Isolasi Berkapasitas 120 Orang

Klaster Kudus

Angka kematian Covid-19 di Sragen, sebut dia, tidak ada karena data kumulatif angka kematian masih tetap 477 orang atau 5,42%. Sementara angka kesembuhan masih di bawah rata-rata nasional, yakni 7.600 orang atau 86,30%.

Berdasarkan data tracing yang dilakukan DKK, Hargiyanto mencatat sebanyak 1.819 orang kontak erat, sebanyak 701 orang di antaranya masih menunggu hasil tes swab PCR.

Angka keterisian tempat tidur di rumah sakit (RS) atau bed occupancy rate (BOR) untuk ruang isolasi, sebut Hargiyanto, sebesar 80% dan BOR untuk ruang intensive care unit (ICU) sebesar 90%.

“Sore ini di RSUD dr. Soeratno Gemolong sudah bisa dimanfaatkan tambahan tempat tidur ruang ICU sebanyak enam unit. Dengan penambahan itu maka BOR ICU bisa turun menjadi 68%,” ujarnya yang diamini Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat ditemui wartawan di Technopark Sragen, Sabtu siang.

Baca Juga: Semangat! Warga Lansia Sragen "Piknik” Naik Kereta Mini Demi Ikuti Vaksinasi

Hargiyanto menerangkan tempat tidur di RSUD Gemolong itu sedianya digunakan Kamis tetapi barangnya terlambat datang dua hari sehingga baru bisa digunakan Sabtu. Untuk kebutuhan tempat tidur ruang isolasi RS, ujar dia, ada dua RS yang akan menambah, yakni RS Mardi Lestari dan persiapan di RS PKU Muhammadiyah Masaran, Sragen.

Dia menerangkan penambahan kasus baru itu di antaranya adanya penambahan dua kasus baru untuk klaster Kudus di wilayah Desa Brojol. Dia mengatakan kasus di Brojol itu sebelumnya 14 orang menjadi 16 orang.

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster Kudus itu, sebut dia, sebanyak 21 orang, yakni 16 kasus di Brojol, empat kasus di Sunggingan, dan satu kasus di Gemolong.

“Kebijakan terkait dengan klaster Kudus itu, kami sudah melakukan gerakan vaksinasi untuk seluruh lansia dan penyemprotan disinfektan. Pengambilan spesimen untuk uji whole genome sequencing di UGM yang sampai sekarang belum turun,” terang Bupati Sragen menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya